Amerika Serikat Bebaskan Tarif Impor Ikan untuk Indonesia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Amerika Serikat Bebaskan Tarif Impor Ikan untuk Indonesia

JAKARTA – Amerika Serikat (AS) akhirnya memberikan pembebasan tarif impor untuk produk perikanan Indonesia.

Hal tersebut dilakukan setelah Presiden Barack Obama dan Senat AS menandatangani pembaharuan dan perpanjangan skema General System of Preference (GSP).

GSP merupakan skema khusus dari negara maju yang menawarkan perlakuan istimewa non-timbal balik. Seperti tarif rendah atau nol kepada impor produk yang berasal dari negara berkembang.

Skema GSP akan mulai berlaku mulai 29 Juli 2015 hingga 31 Desember 2017. ‎”Saya sampaikan berita gembira, bahwa AS sudah memberikan pembebasan impor tarif untuk produk perikanan Indonesia. Kita tidak perlu keluar dari G20, mereka sudah mengerti,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di kantornya, Jakarta, Jumat (31/7).

Menteri asal Pangandaran, Jawa Barat ini sesumbar kalau pembebasan tarif bea masuk produk perikanan Indonesia tersebut, berkat kecerewetannya selama ini, yang meminta diberikan keistimewaan untuk eksportir Indonesia.

“Dengan kecerewetan saya, dengan bukti seperti ini kita tidak perlu roadshow, tapi langsung diberikan. Memohon impor itu biasanya berunding bertahun-tahun,” kata Susi. (chi/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top