Anda Sering Mendengkur, Coba Atasi dengan Cara Ini! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Anda Sering Mendengkur, Coba Atasi dengan Cara Ini!

FAJARONLINE – Bagi individu yang sering berdengkur semasa tidur ia diibaratkan seperti menyanyi dengan nada sumbang yang menganggu tidur orang lain, itulah antara perumpamaan digunakan oleh mereka yang terganggu dek dengkuran tersebut.

Coba ikuti beberapa tips mudah untuk menghentikan dengkuran Anda, sebagaimana dilansir dari Menshealth.

1. Kurangi merokok dan alkohol
Perokok dua kali lebih mungkin mendengkur dibandingkan mereka yang tidak merokok, kata sebuah studi dari Universitas Howard. Merokok mengganggu hidung Anda dengan menghambat aliran udara dan membuat Anda sulit untuk bernapas melalui hidung.

Alkohol juga sama sekali bukan bantuan untuk tidur yang lebih baik. Dalam sebuah penelitian Jerman, orang-orang yang mabuk sebelum tidur mendengkur lebih keras daripada mereka yang tidak minum alkohol. Minuman keras melemaskan otot-otot Anda, memblokir saluran udara di tenggorokan Anda.

2. Tidur telentang
Tidur telentang meningkatkan peluang Anda mendengkur sepanjang malam. Posisi tidur tersebut membuat saluran napas Anda kurang stabil dan tersumbat. Solusinya, tidur dengan posisi samping badan Anda.

Jika Anda berjuang untuk mempertahankan posisi tidur menghadap samping sepanjang malam, letakkan penghalang (tumpukan bantal atau guling) di punggung Anda atau belakangi tembok untuk mencegah Anda tidur telentang.

3. Sering-seringlah bernyanyi
Penelitian di Inggris membuktikan bahwa penyanyi memiliki skor yang signifikan lebih rendah daripada skala mendengkur orang-orang yang tidak senang menyanyi. Menyanyi memperkuat otot-otot di langit-langit lunak dan tenggorokan bagian atas.

Untungnya, Anda tidak harus terdengar seperti Sinatra untuk mendapatkan manfaat ini. Para peneliti menunjukkan bahwa menyanyi sebentar saja setiap hari dapat bermanfaat.

Click to comment
To Top