Bupati Polman Tinjau Sawah Kekeringan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Bupati Polman Tinjau Sawah Kekeringan

FAJARONLINE, POLEWALI — Para petani di Kabupaten Polewali Mandar dihantui rasa khawatir dengan kondisi cuaca . Sawah yang ditanami padi mulai kekeringan. Petani pun risau terancam tak bisa panen.

Bupati Polewali Mandar (Polman), Andi Ibrahim Masdar turun meninjau langsung sawah yang kekeringan tersebut, di antaranya di Desa Bunga-bunga dan Desa Matakali Kecamatan Matakali serta Desa Dakka Kecamatan Tapango. “Umumnya sawah kekeringan. Selain musim kemarau, juga tak tersedia sumber air bisa di pompa. Kalau hujan tidak mengguyur dalam sepekan ini, maka dampak kekeringan ini akan meluas,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Polman, Basir Halim memperkirakan luas area sawah kekeringan mencapai seribu hektare lebih. “Yang dekat sumber air telah dibantu pompa, tapi sawah tadah hujan mesti evaluasi musim tanamnya. Jika Juli sebaiknya tanam palawija,” sarannya.

Seorang petani Desa Matakali Kecamatan Matakali, Juhari, 72 tahun mengatakan sawahnya telah kekeringan sejak dua bulan lalu. “Tak ada hujan, makanya sawah kering. Pasti bakal gagal panen lagi ini,” demikian lelaki yang memiliki sawah dua hektare itu. (ham)

loading...
Click to comment
To Top