IDI Sulsel: Malkan Amin Konsumsi Obat Jantung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

IDI Sulsel: Malkan Amin Konsumsi Obat Jantung

FAJARONLINE, MAKASSAR – Pemeriksaan jantung merupakan hal utama yang menjadi perhatian tim pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. Jantung menjadi salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh dan bertanggung jawab terhadap pasokan darah ke seluruh tubuh. Demikian disampaikan Penanggung Jawab Tim Dokter Pemeriksa Kesehatan pasangan balon dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel, Siswanto Wahab. “Memang ada beberapa item yang menjadi hal utama dalam pemeriksaan kesehatan. Namun jantung merupakan nomor pertama bagi setiap orang baik masyarakat biasa maupun kandidat calon kepala daerah,” ujarnya pada wartawan, Jumat 31 Juli.

Selain jantung, saraf, mata telinga dan tenggorokan juga masuk dalam bagaian utama yang menjadi rekomendasi IDI yang akan diserahkan ke KPU sebagai bahan pertimbangan. “Semua hasil pemeriksaan, termasuk jantung akan kita serahkan ke KPU, sehari setelah semua pasangan 11 daerah usai mengikuti proses pemeriksaan kesehatan,” katanya.

Dari 24 kandidat yang diimbau membawa seluruh obat-obatan yang selama ini dikonsumsi, hanya ada satu kandidat yang membawa obat. Ke-24 kandidat itu berasal dari Kabupaten Barru, Soppeng, dan Bulukumba. Kandidat bersangkutan yakni bakal calon Bupati Barru Malkan Amin. Bahkan obat-obat yang dibawa politikus Nasdem itu sangat banyak. “Hanya Malkan Amin membawa obat-obatnya. Saya tidak tahu jumlah pastinya. Yang penting banyak,“ ungkapnya.

Menurut Sekretaris IDI Sulsel itu, tujuan kandidat membawa obat-obatnya karena ada zat kimia yang ditetapkan tim dokter sangat berbahaya bagi kandidat selama menjalankan pemeriksaan kesehatan.“Kode zat adiktif yang terkandung di dalam obat bisa mengganggu jalannya tahapan tes kesehatan. Pemeriksaan seluruh obat Malkan Amin salah satunya obat jantung,“ demikian Siswanto. (rilis)

To Top