Lapak Pasar Johar Rampung Akhir Tahun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Lapak Pasar Johar Rampung Akhir Tahun

SEMARANG, RAJA – Pemerintah Kota Semarang menargetkan pembangunan lapak sementara di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) bagi pedagang Pasar Johar selesai akhir tahun ini.

“Sekarang ini kan masih proses lelang,” kata Asisten Bidang Administrasi Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Semarang Ayu Enthys di Semarang, Kamis.

Hal tersebut diungkapkannya usai menjadi pembicara pada diskusi publik bertajuk “Perencanaan Anggaran Renovasi Pasar Johar” yang diprakarsai oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Menurut Ayu, pembangunan lapak sementara yang diperkirakan memakan waktu sekitar 3 bulan akan dilakukan segera setelah proses lelang rampung dan ditetapkan pemenang lelangnya. “Ya, diperkirakan 3 bulan pembangunannya (lapak sementara di MAJT, red.) rampung. Insya Allah, pedagang bisa menempati lapak sementara itu pada bulan Desember 2015,” katanya.

Target pedagang bisa menempati lapak sementara akhir tahun ini bisa dilakukan, kata dia, jika proses lelang berjalan dengan lancar dan dalam pembangunannya tidak ada kendala berarti. “Kami akan menyiapkan sekitar 4.000-an lapak untuk pedagang di Pasar Johar di kawasan MAJT. Kami juga sedang mengomunikasikannya lagi dengan Kementerian Agama,” kata Ayu.

Anggaran yang diperlukan untuk pembangunan lapak sementara bagi pedagang di Pasar Johar, kata dia, sekitar Rp31 miliar. Sebesar Rp13 miliar di antaranya dibantu oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, anggota DPD RI asal Jateng Bambang Sadono mengatakan bahwa diskusi publik semacam itu diperlukan agar masyarakat, terutama pedagang Pasar Johar mengetahui apa yang dilakukan pemerintah. “Proses seperti ini kan harus dibuka. Apa saja hambatan yang dihadapi, seperti tadi dikemukakan perlunya membuat DED (detail engineering design) untuk pembangunan kembali Pasar Johar,” katanya. (In)

loading...
Click to comment
To Top