Muktamirin NU Berwisata Religius – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Muktamirin NU Berwisata Religius

FAJARONLINE, JOMBANG – Puluhan ribu Muktamirin (sebutan bagi peserta muktamar) padati Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Jalan-jalan di daerah berjuluk Kota Santri itu mulai padat merayap seperti di jalan KH Abdurrahman Wahid dan jalan protokol terutama depan GOR dan Alun-alun kabupaten setempat macet.

Salah satu peserta muktamar asal Sulsel, Irfan Ilyas menyebut keinginan ke Jombang juga dikarenakan daya pikat wisata religius di kota ini. “Selain meramaikan muktamar, kami juga ingin berziarah ke makam tiga pendiri NU yang ada di Jombang, yakni KH Hasyim Asyari, KH Wahab Hasbullah, dan KH Bisri Syansuri, dan makam Presiden Republik Indonesia ke IV Gusdur,” kata Irfan via rilis, Jumat 31 Juli.

Peserta sendiri ditempatkan di sejumlah pesantren besar di Jombang, seperti Pondok Pesantren Tebuireng, Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras, Pondok Pesantren Rejoso Peterongan. Dalam jadwal panitia, pembukaan Muktamar ke-33 NU baru akan dilakukan besok, 1 Agustus 2015. Namun sejak pekan lalu, muktamirin mulai berdatangan ke Jombang, dan kepadatnya sangat terasa malam ini.

Dapat dipastikan Muktamar kali ini menjadi muktamar yang sangat ramai. Puluhan ribu peserta berasal dari peserta undangan dan rombongan penggembira (Romli). Agenda lima tahunan tersebut juga akan dihadiri sejumlah massa organisasi badan otonom (banom) NU dan organisasi yang berhaluan dengan ideologi NU, sebut saja PMII. Sementara puluhan ribu peserta tambahan lainnya merupakan rombongan penggembira. (nur)

Click to comment
To Top