Sambut Penggembira Muktamar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Sambut Penggembira Muktamar

Tamu adalah raja. Mereka harus disambut baik, agar ketika pulang mendapatkan kesan positif.

YUSRIADI-MUH ALI ASPAR
Makassar

ATRIBUT Muktamar ke-47 Muhammadiyah sudah memenuhi sejumlah jalan di kota ini. Suasana jelang muktamar makin terasa, ketika mendekati perkampungan yang sudah disiapkan panitia.

Seperti yang terlihat di Jalan Andi Tonro, Selasa 28 Juli lalu. Di sini umbul-umbul terlihat padat. Rani, warga di sana yang ditemui kemarin mengaku senang karena lingkungannya digunakan sebagai tempat pemondokan peserta. “Tentu kita senang. Sebagai mana tamu umumnya, kita ingin menunjukan yang terbaik. Makanya kita bersih-bersih lingkungan,” ujar wanita paruh baya itu.

Sementara itu, di Akademi Kesehatan Muhammadiyah Jalan Dr Sam Ratulangi, juga sudah bersiap menyambut peserta penggembira. Di kampus ini, nantinya akan dihuni peserta dari Sumatera. “Kita sudah siap menyambut dik. Rencananya Sabtu tanggal 1, sudah datang melalui jalur laut,” ujar sekuriti kampus, Muh Abd Yusuf saat ditemui kemarin.

Lain lagi di Jalan Landak Baru. Di sini, Lurah setempat menggerakkan petugas kebersihannya untuk membersihkan semua got. Ditemui kemarin, Lurah Mamajang Dalam, Syahruddin sedang mengontrol tim kebersihannya. “Kita mau liat tong orang dari luar datang mereka senang. Makanya, kita bersihkan semua got,” kata Syahruddin.

Ia pun mengaku siap menyukseskan muktamar. Seluruh warga pun sudah diimbau untuk membantu sebisa mereka menyukseskan kegiatan nasional tersebut. “Kita harus menunjukan sombere-nya orang Makassar. Tentu kita ingin buat senang tama-tamu kita dari luar daerah,” pungkasnya.

Pusat informasi penerimaan peserta penggembira, Amir Mahmud menyebutkan, sejauh ini semua perkampungan sudah siap menyambut peserta. Rencananya, sebanyak 10 ribu peserta penggembira, rencana akan merapat ke Makassar. Hingga Kamis 30 Juli, sejumlah peserta dari beberapa daerah sudah berada di Makassar. “Mereka yang melapor resmi sekitar 10 ribu orang, sekarang ini baru ada yang berangkat lagi,” ungkap Penanggung jawab penginapan otorita Makassar, Syahrir Nur.

Koordinator Perkampungan Sumatera dan Kendari, Mirajuddin Nurdin mengungkapkan, jumlah peserta dari Sumatera ditambah Kendari sebanyak 2.500 orang. “Yang ada laporanya 2500 orang dari Sumatera dan Kendari. Sore ini (Kamis, Red) dari Medan ada 50 orang, sebelumnya sudah ada enam orang,” ungkapnya.

Koordinator Perkampungan Bali dan Nusa Tenggara, Dahlan Sulaiman menambahkan, beberapa peserta penggermbira asal Bali sudah mulai di Makassar. “Peserta dari Bali 100 orang, kemarin (Rabu) ada 20 orang. Semuanya menginap di Kantor Pimpinan Cabang Muhammadiyah Minasa Upa,” kata Dahlan.

Sementara itu, untuk peserta penggembira dari Nusa Tenggara Timur dan Barat dijadwalkan akan merapat ke Makassar 1 Juli dengan jumlah 400 orang. Peserta Penggembira dari Kalimantan untuk saat ini, juga sudah di Makassar. “Untuk Kalimantan beberapa sudah ada di Makassar sementara di rumah keluarganya. Hari ini(kemarin) sebanyak 261 orang dari Kalsel, sedangkan Kalbar 101 orang,” ujar Ridwan, Koordinator Perkampungan Kalimantan.

Sabtu, 1 Agustus peserta penggembira asal Jawa baru akan sampai di Kota Makassar melalui jalur laut dan udara. Mereka akan tinggal di Pimpinan Muhammadiyah Bontoala, Ujung Tanah dan Makassar. (*/asw)

loading...
Click to comment
To Top