Tiga Bendungan Siap Dihadirkan di Sulsel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Tiga Bendungan Siap Dihadirkan di Sulsel

FAJARONLINE, MAKASSAR —  Setelah tiga bendungan yang saat ini sedang mulai tahap pembebasan lahan,   masing-masing bendungan Karangloe di Gowa , Bendungan Baliase di Luwu Utara dan Pasolerang di Wajo Kembali akan dibangun tiga bendungan dengan skala lebih kecil.

Kepala Biro Pemerintahan Umum, Provinsi Sulawesi Selatan Asmanto Baso Lewa mengungkapkan tiga bendungan yang akan dibangun dalam tahap penyiapan berkas adalah Pamakulu di Takalar yang sudah dalam tahap perencanaan  dan anggaran sudah siap, kemudian ada bendungan Jenelata di Gowa dan Posi di Selayar

Khusus untuk Pamakuku ini , Dia menjelaskan kalau dari Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan-Jeneberang, memasukkan dokumen perencanaanya Agustus mendatang maka akan diajukan ke Pak Gubernur, Syahrul Yasin Limpo.

“Kalau sudah lengkap berkasnya akan diajukan, dan kalau telah disetujui maka akan mulai dilakukan proses pengerjaannya,”  Kata Asmanto, kemarin.

Sedangkan untuk dua bendungan yaitu Jenelata dan Posi ini, Dia mengatakan  rencananya anggarannya akan dimasukkan pada tahun 2016 mendatang.

Mengenai pembebasan lahan, Asmanto mengungkapkan lahan untuk Pamakuku ini yang akan dibebaskan ada sekitar 10 hektare dimana keseluruhannya akan dilakukan oleh pemerintah pusat, dan ini akan diback up oleh pemerintah provinsi dan daerah.

“Pembebasan lahan sejauh ini kami yakin akan berjalan dengan lancar karena sesua dengan undang-undang nomor 2 tahun 2015 yang mana diperkuat dengan Perpres 71 mengenai lahan untuk kepentingan umum, yang mana masyarakat akan mendapat keuntungan bukan cuma lahan yang kena dampak saja , bahkan tanaman mereka kalau memang terkena akan diganti,” paparnya

Namun memang yang sering menjadi masala, menurut Asmanto adalah komunikasi yang akan dilakukan bersama  dengan pemilik lahan dan tim apresial ini.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengaku jika pihaknya siap memback up pembangunan bendungan yang akan dilakukan pemerintah pusat, apalagi ini kemudian mereka yang telah berkomitmen menghadirkannya .

Mengenai bantuan anggaran dari pusat terhadap bendungan yang akan dibangun, Syahrul menyambut hal ini dengan baik , apalagi Dam ini dibutuhkan mempertahankan lahan 1 Juta hektare dalam setahun agar produksi pertanian yang over stok 3 juta ton bisa dipertahankan.

“Ini sangat baik untuk mempertahankan produksi Sulsel, menghadirkan air bukan cuma datang dari langit saja harus ada irigasi dan siapa yang menolak kalau ada bantuan pembangunan ini , dengan kondisi tanah yang ada semua harus dipertahankan” katanya. (iad/wik)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top