Di Bulukumba, Pemilih Pemula Bertambah 70 Ribu Jiwa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Di Bulukumba, Pemilih Pemula Bertambah 70 Ribu Jiwa

FAJARONLINE, BULUKUMBA — Jumlah pemilih sesuai DP4 yang diterima KPU Bulukumba untuk Pilkada  2015 meningkat sekitar 20 persen dari DP4 yang digunakan bagi penyelenggaraan pemilihan Presiden, Juli lalu jumlahnya hanya 335.463 jiwa. Bertambahnya tersebut dikarenakan banyaknya pemilih pemula. “DP4 bertambah sekitar 20 persen untuk pilkada 2015 ini,”katanya, sabtu 1 Agustus. Dijelaskan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulukumba masih melakukan pemutahiran data. Dan memastikan data tersebut singkron dari data Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) Bulukumba. ” Setelah kita menerima hasil yang ada di lapangan. Ada pertambahan TPS dengan meningkatnya jumlah pemilih itu,” ungkapnya.
Jika pemilih pada pemilihan presiden juli lalu pemilih 335.463 jiwa. Selanjutnya, pada pilkada 2015 ini meningkat 20 persen, artinya pemilih nantinya ada sekitar 402,555,6 jiwa atau bertambah kurang lebih 70 000 ribu jiwa. Pihak KPUD memprediksi Peningkatan tersebut lantaran jumlah pemilih pemula. Pemilih pemula itu berasal dari pelajar yang usianya menginjak 17 tahun saat Pilkada nanti.  “Sudah kami data, jumlah sekitar itu pemilih pemula yang akan ikut memilih di pilkada nanti,” ungkapnya.
Ketua KPU Sulsel Iqbal Latief membenarkan bahwa ada peningkatan jumlah pemilih di sebelas daerah yang akan laksanakan pilkada. Tetapi, Iqbal mengaku tidak mengetahui persis jumlah pasti yang akan bertambah. “Ada banyak peningkatan jumlah pemilih pada pilkada ini. Hal itu berdasarkan Dp4 yang telah diserahkan oleh kemendagri melalui Dukcapil,” ungkapnya. (taq)
loading...
Click to comment
To Top