Kepala Desa Diajarkan Pengelolaan Dana Desa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Kepala Desa Diajarkan Pengelolaan Dana Desa

FAJARONLINE, BULUKUMBA, — Setiap aparatur desa harus mengetahui bagaimana formulasi dan pengalokasian dana desa (4Jp). Pasalnya, anggaran tersebut bersumber dari APBN. Hal itulah menjadi alasan lembaga konsultan peningkatan kapasitas pemerintah daerah (LK- PKPD) bekerjasama dengan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bulukumba untuk memberikan bimbingan teknis terhadap 50 kepala desa beserta aparaturnya.

” Kita mau bagaimana setelah pelatihan ini para aparatur desa bisa mengelola dengan baik anggaran yang didapatkan itu,”kata Direktur Bidang Kerjasama dan Pendampingan Dra Rosmala Dewi Themba, di Hotel Agri Bulukumba, Sabtu 1 Agustus.

Menurutnya, pengelolaan anggaran yang bersumber dari APBN ini harus benar dikelola dengan baik. Sehingga peruntukannya tepat pada sasaran yang diinginkan. Peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki setiap aparatur desa yang dalam bentuk diskusi ini juga bisa membantu, aparatur desa berhadapan dengan hukum. Kebanyakan, banyak pejabat yang terjerat hukum lantaran belum mengetahui formulasi dan pengalokasian dana desa (4Jp) itu.

” Maka dengan begitu pemerintah desa juga mengetahui besaran yang didapat dari anggaan tersebut. Sebab setiap desa berbeda-beda jumlah yang harus diterimanya,”ungkapnya.

Drs Suaib Ibrahim selaku narasumber tentang formulasi dan pengalokasian dan desa mengungkapkan bahwa, jumlah yang harus diterima setiap desa ada indikator yang mesti ditahu para aparatur desa. Ia menyebutkan, pembagian berdasarkan jumlah penduduk, Luas wilayah, tingkat kemiskinan, dan Indeks Kesulitan Geografis (IKG).

” Jika hal ini sudah diketahui pemerintah desa, maka tidak ada lagi alasan penyusunana APBD Desa itu lamban,” ungkapnya.

Arsul Sani selaku peserta yang juga dari perangkat desa Tamatto kecamatan Ujung Loe mengungkapkan bahwa, kegiatan ini sangat membantu, khususnya untuk implementasi anggaran sesuai peruntukannya. ” Ini sangat membantu, bagaimana kita kedepannya mengelola anggaran itu dengan baik. Mulai dari administrasi ataupun pertanggung jawabannya,” tambahnya. (taq)

loading...
Click to comment
To Top