Soal Calon Tunggal, Jokowi Nilai Belum Perlu Perppu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Soal Calon Tunggal, Jokowi Nilai Belum Perlu Perppu

FAJARONLINE, JAKARTA – Pendaftaran calon kepala daerah untuk Pilkada serentak 2015 sudah ditutup sejak 28 Juli 2015. Namun, masih ada 12 daerah yang hanya memiliki satu calon atau calon tunggal. Bagi daerah penyelenggara Pilkada yang baru memiliki calon tunggal (satu pasangan), KPU setempat memberi kesempatan untuk membuka kembali pendaftaran pada 1-3 Agustus 2015.

Sejumlah kalangan sempat mengusulkan agar Presiden mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang atau Perppu yang memberi solusi kepada daerah pemilihan yang memiliki calon tungal agar pilkada dapat berjalan.

Namun Presiden Jokowi kepada wartawan saat menerima kunjungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (31/7) mengatakan belum perlu mengeluarkan Perppu. “Ini kita lihat dulu nanti,” ujar Jokowi.

Kalangan yang mengusulkan Perppu menginginkan agar tiada penundaan Pilkada di daerah yang memiliki hanya satu calon. Dengan Perppu itu Presiden diharapkan bisa memutuskan apakah calon tunggal disandingkan dengan calon boneka atau bumbung, atau langsung dilantik sebagai pasangan kepala daerah.

Menurut Jokowi, dari pendekatan yang dilihat pemerintah, di daerah memang lebih banyak kekurangan sisi administrasi, sehingga calon-calon yang ada tidak bisa ikut. Oleh sebab itu, dengan diundurkannya menjadi sampai tanggal 3 Agustus, Presiden berharap paling tidak separuhnya bisa ada calon lain.

“Syukur bisa semuanya. Kita ingin mendorong agar semuanya ada,” ucap Jokowi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, terhitung mulai Sabtu (1/8) hingga Senin (3/8) mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) di 13 daerah akan membuka kembali pendaftaran bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan serentak dilaksanakan pada 9 Desember mendatang.

Komisioner KPU Hadar N. Gumay mengemukakan, daerah tersebut terdiri dari 12 daerah dengan 1 pasangan calon yang mendaftar dan 1 daerah yang tidak ada satupun pasangan calon mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota. (rmn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top