Variates Baru, Produksi Padi Maros Dua Kali Lipat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Variates Baru, Produksi Padi Maros Dua Kali Lipat

MAROS, FAJARONLINE — Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Muhammadiyah mencanangkan gerakan jihad pangan. Gerakan nasional tersebut dirintis dari Kabupaten Maros, ditandai dengan penanaman variates padi ramah lingkungan, impari sidenuk di  Dusun Bontojolong, Kelurahan Raya, Kecamatan Turikale, Jumat 31 Juli.
Plt Ketua MPM, DR Nurul Yamin menjelaskan jihad pangan tersebut dirintis pihaknya atas kesadaran bahwa mayoritas penduduk Indonesia menggantungkan hidup dari pertanian. Namun, masalah kemiskinan, lapangan kerja dan kekurangan pangan masih menghantui sebagian besar warga. “Padahal, bidang pertaninan menjanjikan kesejahteraan asal dikelola dengan baik,” ujarnya.
Salah satu bentuk jihad pangan itu adalah upaya MPM mengembangkan varietes padi impari sidenuk tersebut. Jenis bibit padi ini diklaim lebih kuat dan lebih produktif. Dengan dikembangkannya bibit itu, DR Nurul berharap MPM bisa turut serta dalam pengentasan kemiskinan sekaligus menjaga lingkungan.
Babinsa Bontojolong, Serma Syaifuddin mengakui peranakan bibit tersebut bisa berkembang menjadi 38 hingga 40 bibit, dari jumlah normal yang hanya 20 bibit saja. “Apalagi batangnya juga kuat jadi bibit yang banyak itu bisa bertahan hingga berbuah dan matang. Artinya produksi juga bisa dilipatgandakan menjadi dua kali lipat,” ujarnya.
Bupati Maros Hatta Rahman menyambut baik bahkan ingin menjadikan Maros sebagai titik awal pengembangan bibit baru. Dirinya mengatakan lahan pertanian yang berjumlah 26 ribu hektar siap ditanami bibit itu. “Tujuh ribu hektar diantaranya mampu panen tiga kali dalam setahun. Produktivitas bibit kita juga bisa mencapai 5-6 ton per hektar,” bebernya.
Untuk mendukung hal tersebut, dirinya tengah mengupayakan lokasi di bagian utara Maros untuk khusus mengembankan bibit itu. Selain itu, waduk penampungan air diatas gunung dengan daya tampung hingga 500 ribu kubik air juga telah diusulkan ke Kementerian PU. “Kita juga berharap ditopang regulasi subsidi pupuk yang berpihak ke rakyat,” harapnya.
Turut hadir pada acara itu, Ketua DPRD Maros sekaligus Sekretaris PAN Chaidri Syam, Ketua DPW PAN Ashabul Kahfi, bendahara PP Muhammadiyah Dr Nasrullah, rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof Bambang Setiaji, dan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Prof Muhajir Effendi. Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Din Syamsuddin yang sebelumnya dijadwalkan hadir batal datang. (ris)

Click to comment
To Top