24 Agustus, Panwaslu Mulai Terima Aduan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

24 Agustus, Panwaslu Mulai Terima Aduan

FAJARONLINE, MAKASSAR – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulsel mulai membuka aduan pada 24 Agustus. Dimana pihak Bawaslu mempersilhkan partai politik atau tim pemenagan mengadu ke Panwaslu di 11 Kabupaten yang menggelar pemilihan bila ada partai politik dari kandidat tertentu tidak diakomodir oleh KPU saat pendaftaran berakhir pada 28 Juli 2015 lalu.

“Aduannya dimulai pada saat penetapan calon kepala daerah di KPU pada 24 Agustus,”Kata Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi saat dikonfirmasi, Minggu 2 Agustus.

Menurut dia, kandidat atau parpol yang ingin mengadu harus membawa alat bukti. Berupa rekomendasi dari partai politik. Dan itu nanti yang dicocokkan dengan data Panwaslu yang bertugas dilapangan ketika tahapan pendaftaran digelar.

” Tidak usah langsung ke MK. Tahap awal yang dilakukan adalah di tingkat kabupaten, kemudian jika tidak terima dengan keputusan yang diambil oleh panwaslu, silahkan tempuh jalur PTUN,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, di Mahkamah Konstitusi hanya memproses sengketa hasil pilkada. Bukan ketika kandidat ditolak pendaftarannya oleh KPU.

Komisioner Panwaslu Kabupaten Bulukumba Ambo Radde membenarkan hal itu. Ia mengakui bahwa, tahapan pendaftaran yang dilakukan KPUD Bulukumba selama tiga hari itu banyak mendapatkan riak-riak dari tim pemenangan pasangan calon. Hanya saja, ia mulai mempersilahkannya sesuai jadwal yang diatur dalam undang undang.

” Silahkan lengkapi dulu alat buktinya. Kemudian tunggu jadwal aduan kami buka bersamaan dengan penetapan calon oleh KPUD,”tambahnya. (taq)

loading...
Click to comment
To Top