BMKG Prediksi Kemarau Hingga November – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

BMKG Prediksi Kemarau Hingga November

FAJARONLINE, MAKASSAR – Musim kemarau panjang 2015 diperkirakan melebih tahun lalu. Bahkan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau bakal berlangsung hingga awal November nanti.

Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BMKG Wilayah IV Makassar, Soejarwo mengatakan, hampir seluruh wilayah Indonesia, termasuk Sulawesi Selatan, Makassar dan sekitarnya, musim kemarau tahun ini akan lebih lama dibanding tahun lalu. “Kemungkinan sampai awal November awal,” kata Soejarwo, Minggu 2 Agustus.

Periode transisi dari musim kemarau ke hujan di Kota Makassar biasa terjadi pada Oktober, sedangkan pada 2015 diprediksi November mendatang. “Puncak kemarau di kota ini terjadi pada Agustus-September. Bahkan, sejak Juli lalu, tidak ada hujan yang yang membasahi Makassar,” ujarnya.

Suhu udara sekarang sudah melampaui normal. Suhu udara Makassar  mencapai 34 derajat celcius. Bahkan  suhu udara itu berpotensi masih naik hingga 35-36 derajat celcius. Sedangkan suhu udara normal kota ini hanya 33 derajat celcius. Kendati demikian, kecepatan angin masih di angka normal, kecepatannya di kisaran 8-35 kilometer per jam. (jai)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top