Cerita Sarung Merah Jokowi Bikin Peserta Muktamar NU Tertawa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Cerita Sarung Merah Jokowi Bikin Peserta Muktamar NU Tertawa

FAJARONLINE, JOMBANG – Pembukaan Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama (NU) Sabtu malam (1/7/2015), di Jombang, berlangsung santai dan meriah. Dalam sambutan pembukaannya, Presiden Jokowi menyelipkan candaan. Tamu dan undangan pun tertawa dibuatnya.

Ceritanya, Presiden Jokowi mendapat pujian dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputeri. Itu terkait kain sarung yang Presiden Jokowi gunakan. Memang, malam itu Presiden Jokowi tampak mengenakan sarung berwarna kecokelatan yang dilengkapi dengan peci dan jas warna hitam.

“Tadi waktu masuk ke ruangan ini ada yang bisik-bisik, Pak Jokowi pakai sarung. Sarung ini dibelikan isteri saya kemarin. Katanya, Pak sarung ini untuk nanti Muktamar NU. Dan saya gunakan di hotel, waktu turun saya ditanya Bu Mega ‘wah dek sarungnya bagus’, apanya yang bagus Bu? Kata Bu Mega warnanya,” kata Presiden Jokowi sembari tersenyum, disambut gelak tawa hadirin.

Soal sarung ini juga sempat dicumbu Ketua Panitia Lokal, KH Syaifullah Yusuf yang juga Wakil Gubernur Jawa Timur ini.

“Pak Jokowi hadir pakai sarung karena menghormati NU, saya pakai celana karena untuk menghormati Pak Jokowi,” kata Gus Ipul panggilan akrabnya, dalam sambutannya di arena pembukaan Muktamar ke-33 NU di GOR Merdeka Alun-alun Jombang, Jatim.

Candaan Gus Ipul tersebut spontan memicu tawa dari para muktaramirin dan undangan yang hadir dari tokoh nasional, elit partai politik, maupun sejumlah Menteri Kabinet Kerja yang hadir. Memang Gus Ipul tampak mengenakan setelan celana bahan dan jas.

Selain itu, Gus Ipul juga menghadirkan canda dengan membuat plesetan ‘hadirin hadirot’. Hadirin untuk yang hadir di dalam ruangan, sedangkan hadirot diplesetakan menjadi hadir out untuk peserta di luar ruangan. Canda itu juga berhasil mengundang tawa dari seluruh yang hadir.

“Saya kalau ke Jatim paling seneng ketemu Gubernur dan Wakil Gubernur, dua-duanya lucu, coba tadi kita lihat hadirin di dalam, hadirout di luar,” kata Jokowi menimpali canda Gus Ipul dalam sambutannya.

Memang pada acara pembukaan, para warga NU yang datang dari berbagai daerah di Jawa Timut memadati area di luar gedung, demia menyaksikan acara tersebut. Pada acara hiburan, para penonton dihibur penyanyi asal Amerika. (ril/ags)

Click to comment
To Top