Ini Penyebab Jari Tangan dan Kaki Mengkerut – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Interest

Ini Penyebab Jari Tangan dan Kaki Mengkerut

FAJARONLINE, MAKASSAR – Ketika berlama-lama merendam tangan dalam air, mandi terlalu lama, berenang atau mencuci, selalu saja ujung jari tangan dan kaki kita jadi keriput. Tapi itu sudah menjadi hal biasa, apalagi setiap hari kita bersentuhan langsung dengan air. 

Keriputnya jari tangan dan kaki jika terlalu lama terendam air disebabkan oleh respon sistem saraf simpatis yang terdapat pada jari. Sistem ini merupakan bagian dari sistem saraf pusat yang bertanggungjawab atas respon dalam tubuh. Sistem saraf simpatis ini lalu mengontrol sejumlah fungsi, termasuk denyut jantung dan
tekanan darah.

Nur Hidayah, dokter umum di Puskesmas Tanralili Maros ini mengungkapkan, ketika sistem saraf simpatis diaktifkan, pembuluh darah jari tangan dan kaki akan menyempit, sehingga membatasi aliran darah ke jari-jari.

“Volume darah yang berkurang di lapisan darah jaringan lunak mengakibatkan kulit tertarik ke dalam, karena itu terjadilah lipatan-lipatan kulit yang kita kenal sebagai keriput, ”ungkapnya saat dihubungi Fajar Online, Sabtu, (1/8).

Dokter dua anak ini menambahkan, keriputnya jari tangan saat terendam air itu menguntungkan, karena dapat denhan mudah memegang benda-benda basah atau benda yang terendam. “Begitu pula kerutan di kaki dapat membantu berjalan dengan aman, karena membuat pijakan lebih baik, misalnya berjalan di lantai yang basah, sehingga tidak mudah terpeleset,” jelasnya.

loading...
Click to comment
To Top