Legislator Bulukumba Disebut Punya Tambang Ilegal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Legislator Bulukumba Disebut Punya Tambang Ilegal

FAJARONLINE, BULUKUMBA – Aparat Polres Bulukumba berkerja cepat menginventarisir lokasi tambang galian C ilegal yang beroperasi di sejumlah wilayah. Hasilnya, salah satu di antaranya disebut-sebut milik oknum anggota DPRD setempat.

Hal ini diungkapkan Kapolres Bulukumba, AKBP Selamat Riyanto. Dia mengaku, pihaknya akan terus memetakan lokasi tambang yang belum mengantongi surat izin usaha pertambangan (SIUP), termasuk yang diduga milik oknum anggota polisi sendiri.

“Kita masih terus berkordinasi dengan semua pihak untuk masalah tambang galian C ilegal di Bulukumba, karena sampai saat ini memang masih ada tambang yang beroperasi tampa mengantongi izin resmi,” jelasnya, Minggu 2 Agustus.

Namun menurut Kapolres yang pernah menjabat di Halmaera Utara itu, penertiban tambang ilegal bukan hanya tugas kepolisian, tapi juga pemerintah daerah. “Kita memang harus duduk bersama baik polisi, TNI, pemerintah dan semua stekolder terkait untuk mencari sumber masalah atau benang merah dari permasalahan tambang ini,”terangnya.

Temuan Polres ini juga dibenarkan salah seorang pengusaha tambang galian C, H. Sirajuddin. Menurut pemilik tambang legal yang beroperasi di Kecamatan Bontobahari itu, ada dua alat berat yang diduga milik oknum anggota DPRD beroperasi di lokasi tambang ilegal tak jauh dari lokasi tambangnya.

“Saya yang selalu bayar pajak ke pemerintah, tapi ada tambang yang ada di dekat (lokasi) saya sama sekali tidak pernah bayar pajak tapi tetap beroperasi. Apa karena tambang tersebut milik oknum pejabat sehingga tidak ditertibkan,” ketusnya.

Sirajuddin pun meminta pihak terkait khususnya kepolisian tidak tebang pilih dalam menindak tegas tambang ilegal yang masih beroperasi. Khususnya lokasi tambang ilegal milik oknum anggota DPRD tersebut.(taq)

loading...
Click to comment
To Top