Polisi Amankan WNA dan Pelajar di Empat Tempat Karaoke – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Polisi Amankan WNA dan Pelajar di Empat Tempat Karaoke

AMBON— Razia gabungan yang dilakukan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku turut menjaring sejumlah pelajar dan Warga Negara Asing (WNA). Total sebanyak 14 orang yang terjaring dalam razia, akhir pekan lalu.

Kabid Pencegahan BNNP Maluku, AKBP Luther Banne kepada wartawan mengatakan, belasan orang itu terjaring razia pada empat Tempat Hiburan Malam. ”Ada 14 orang kita amankan di empat tempat yang berbeda yakni karaoke Blitz, karaoke X Nine, cafe Penstion dan karaoke Grand Palace. Empat titik ini yang memang menjadi sasaran kami malam itu untuk dilakukannya razia tersebut,” jelasnya.

Dikatakan, dari belasan orang yang diamankan itu, ada yang masih berstatus pelajar dan juga WNA asal Belanda. ‘’Mereka kemudian menjalani pemeriksaan urine dan hasilnya positif mereka mengkonsumsi narkoba,” tutur dia.

Setelah dinyatakan positif, lanjut Luther, para pengguna ini kemudian digelandang ke kantor BNNP Maluku untuk menjalani pemeriksaan lanjutan. “Memang urine mereka positif menggunakan narkotika. Namun setelah itu kami lepas dan mereka hanya di rehabilitasi dan rawat jalan. Rata-rata mereka pemakai pemula, sehingga kita menetapkan mereka untuk direhabilitasi,” paparnya.

Dia menambahakan, upaya pencegahan terus akan dilakukan termasuk dengan melakukan sosialiasi kepada seluruh intansi baik pemerintah, swasta TNI/Polri serta lembaga pendidikan. “Upaya itu sudah kita lakukan setelah Presiden meluncurkan program Indonesia bebas narkoba tahun 2015. Sejauh ini kita di Maluku diberikan target untuk melakukan rehabilitasi terhadap 1.276 pengguna narkotika. Dananya sudah ada, sehingga jika tidak kami lakukan maka itu mubazir,” terangnya.

Terkait dengan operasi ini, lanjut dia, pihaknya akan terus melakukan hingga target yang diberikan pemerintah pusat bisa tercapai. “Operasi akan tetap dilakukan hingga capai target demi menyelamatkan generasi muda kita dari barang terlarang itu. Dimanapun tempat dan lokasinya, baik itu hotel, penginapan THM bahkan tempat kontrakan juga pasti akan kita razia,” tegasnya. (AHA)

loading...
Click to comment
To Top