Apdesi Maros Ajak Bosowa-PDAM Rembuk Musim Kemarau – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Apdesi Maros Ajak Bosowa-PDAM Rembuk Musim Kemarau

FAJARONLINE,MAROS — Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia (Apdesi) Maros meminta pihak yang menggunakan air Bantimurung untuk berembuk. Mereka masing-masing Dinas Pertanian, PT Semen Bosowa, dan PDAM Maros diminta menemukan solusi bagi petani yang terancam kemarau panjang.
Debit air dari Bantimurung yang digunakan banyak pihak disebut menjadi berkurang apalagi pada musim kemarau. Akbatnya, petani mulai merasakan dampak kekeringan. Di beberapa kecamatan, ada sekira 300 hektare sawah irigasi yang terancam fuso alias gagal panen.
“Karena itu, kami ingin mengajak mereka ikut memberi solusi terkait masalah ini, agar produksi padi kita tetap terjaga,” ujar Ketua Apdesi Maros Abdul Asiz.

Asiz bersama para petani mulai memikirkan apakah harus mengurangi luas areal sawah yang dialiri air, atau menghentikan sama sekali penanaman padi IP300 yang bisa dipanen tiga kali setahun. Sebagai perbandingam tahun 2014 lalu saat panen tiga kali, petani Maros berhasil meraup 8-9 ton per Ha, dengan luas keseluruhan 2700 Ha. (ris)
 
loading...
Click to comment
To Top