Husler Janji Tingkatkan Kualitas Guru – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Husler Janji Tingkatkan Kualitas Guru

FAJARONLINE, MALILI — Wakil Bupati Luwu Timur, HM Thoriq Husler berjanji akan meningkatkan kualitas guru. Peningkatan kualitas guru dilakukan dalam rangka menibgkatkan mutu pendidikan.

”Masa peningkatan kapasitas guru merupakan faktor yang sangat penting, dibanding masalah kurikulum dan komponen pendidikan lain,” kata Husler saat pelatihan ratusan guru swasta Aula Dikbudparmudora, Senin 3 Agustus.
Menurutnya, secanggih apapun suatu kurikulum dan sehebat apapun sistem pendidikan, tanpa kualitas guru yang baik, maka semua itu tidak akan membuahkan hasil yang maksimal.

Guru dikenal sebagai ‘hidden currickulum’ atau kurikulum tersembunyi, karena sikap dan tingkah laku,   kemampuan individual, dan apa saja yang melekat pada pribadi guru, akan diterima peserta didiknya sebagai rambu-rambu untuk diteladani atau dijadikan bahan pembelajaran. Makanya, guru diharapkan memiliki kompetensi yang baik.
Kompetensi ini tidak dimiliki oleh seorang guru, maka yakinlah, kualitas pendidikan tidak akan dapat dicapai secara maksimal.
Husler menjelaskan untuk pada era teknologi informasi  saat ini, guru memang tidak lagi dapat berperan sebagai satu-satunya sumber informasi dan ilmu pengetahuan. Peran guru telah berubah lebih menjadi fasilitator, motivator, dan dinamisator bagi peserta didik. Dalam era saat ini, peserta didik dengan mudah dapat mengakses informasi apa saja yang tersedia melalui internet. Guru diharapkan dapat memberikan peran yang lebih besar untuk memberikan rambu-rambu etika dan moral, dalam memilih informasi yang diperlukan. Oleh karena itu, untuk dapat melaksanakan peran tersebut, tenaga pendidik dan kependidikan harus ditingkatkan mutunya. (shd/wik)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top