Jokowi Apresiasi Ekspor Tiga Kali Lipat Sulsel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Jokowi Apresiasi Ekspor Tiga Kali Lipat Sulsel

FAJARONLINE, MAKASSAR – Keberhasilan Sulsel mewujudkan ekspor tiga kali lipat diapresiasi Presiden Joko Widodo. Dia berpesan semua provinsi bisa meniru langkah Sulsel yang mampu melakukan ekspor tiga kali lipat sejumlah komoditi pertanian, perikanan dan kelautan. Jokowi menilai, Syahrul Yasin Limpo sebagai aktor utama keberhasilan Sulsel melaksanakan program ekspor tiga kali lipat itu. “Provinsi lain harus bisa melakukan apa yang dilakukan Sulsel. Sebab, yang dilakukan Sulsel akan membawa uang yang cukup besar, masuk ke Indonesia,” ujar Presiden RI ke 7 dalam sambutanya di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, siang tadi, Senin 3 Agustus.

Jokowi hadir dalam rangka pelepasan ekspor tiga kali lipat Sulsel ke sejumlah negara di Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar. Sebelumnya, Jokowi menghadiri pembukaan Muktamar ke-47 Muhammadiyah di lapangan Karebosi. Presiden mengaku optimistis jika melemahnya rupiah terhadap dolar atau mata uang asing lainnya, dapat ditekan dengan kerja seperti yang dilakukan Syahrul. “Awalnya saya heran apa yang disampaikan Gubernur Sulsel. Jika semua provinsi bisa melakukan apa yang dilakuan Sulsel, maka melemahnya rupiah akan mudah dilalui,” katanya.

Ekspor tiga kali lipat yang dicanangkan Sulsel, adalah program penjualan komoditi andalan ke 22 negara tujuan. Sebanyak 333 kontainer berisi komoditi andalan seperti rumput laut dan kakao, resmi dikirim melalui Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar. Total nilai ekspor yang dikirim mencapai Rp1.21 triliun. Secara berjangka, program ekspor besar-besaran itu akan mencapai angka Rp63 triliun.(jai)

loading...
Click to comment
To Top