Jokowi Puji SYL, Sinyal ke Kabinet – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Jokowi Puji SYL, Sinyal ke Kabinet

FAJARONLINE, MAKASSAR — Kinerja Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo menarik perhatian Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya di Makassar, Senin 3 Agustus. Presiden memuji dan menyebut Gubernur Sulsel hebat, jeli melihat peluang saat ekonomi melemah. Penilaian tersebut memunculkan spekulasi, menjadi sinyal SYL melenggang ke kabinet.

Sejumlah pujian disampaikan Jokowi saat melepas ekspor tiga kali lipat 27 komoditi andalan Sulsel di Pelabuhan Peti Kemas Soekarno-Hatta Makassar, Senin 3 Agustus. “Ini Gubernur Sulsel hebat. Saya sudah lama kenal dia dan kehebatannya ditunjukkan kembali hari ini dengan melakukan ekspor 333 kontainer ke 22 negara tujuan. Ini sangat hebat. Tidak ada provinsi lain melakukan ini saat ekonomi melemah, makasih Pak Gubernur,” ujar Jokowi.

Sosiolog UIN Alauddin, Prof Hamdan Juhannis menanggapi Syahrul mampu mengemban amanah masyarakat dengan menunjukkan proyek pensejahteraan yang tetap berjalan, meskipun negara sedang direpotkan dengan perkembangan global. Menurut Prof Hamdan, negara butuh sosok seperti Syahrul. Negara butuh memberi ruang pada beliau untuk beraktualisasi dengan tanggung jawab dan ruang lingkup kerja yang lebih besar. “Kemampuan Sulsel untuk tetap eksis itu menunjukkan bahwa pemimpinnya visioner dan memiliki jiwa petarung untuk tetap maju, tanpa dipengaruhi oleh beban negara,” kata Hamdan. (jai)

Click to comment
To Top