Kerugian Petani Capai Ratusan Juta Rupiah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Kerugian Petani Capai Ratusan Juta Rupiah

PAREPARE, FAJARONLINE — Kerugian yang diterima petani akibat gagal panen diperdiksi mencapai ratusan juta rupiah. Pasalnya, setiap satu hektare sawah, petani mengeluarkan anggaran hingga 30 juta untuk membeli bibit hingga pupuk.

“Kalau ruginya pak sangat banyak. Paling sedikit 30 juta untuk satu petak sawahku. Semoga ada solusi dari pemerintah untuk persoalan ini,” katanya, salah satu petani di Kecatan Baccukiki Parepare, Lasennang.

Camat Bacukiki, Iskandar Nusu, mengatakan terkait masalah kekeringan yang dialami warganya tersebut, pihaknya berencana dalam waktu menggelar saat meminta huja.

“Kita akan sholat meminta hujan dalam waktu dekat ini. Sebelumnya akan kita usahakan dulu berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Kota dan Kantor Wilayah Kementerian Agama guna teknis dan konsep sholat tersebut,” jelasnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pertanian, Damilah Husein membenarkan kekeringan yang terjadi di Parepare sangat berdampak ke petani. Dia saat ini belum mengetahui jumlah pasti luas sawah yang kekeringan.

“Kita masih melakukan pendataan berapa sawah yang sudah kekeringan. Terkait solusi kekeringan, kita akan melihat sumber air yang tersedia saat ini untuk disalurkan ke petani,” katanya. (syl)

loading...
Click to comment
To Top