KPU Kota Semarang Target Partisipasi Pemilih 75 Persen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

KPU Kota Semarang Target Partisipasi Pemilih 75 Persen

SEMARANG – Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwakot) Semarang yang akan diselenggarakan 9 Desember mendatang, ditarget mampu menaikkan partisipasi pemilih hingga 75 persen.

Pada Pilwalkot lima tahun sebelumnya, partisipasi pemilih hanya 60 persen. Hal ini tentu akan menjadi tugas berat bagi jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang.
“Namun, kami tetap optimis karena berbagai kegiatan akan dilakukan untuk mensukseskannya,” ujar Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono seusai mengikuti jalan sehat sosialisasi Pilwalkot Semarang 2015, Minggu (2/8).
Agar target tersebut dapat dicapai, KPU menyelenggarakan sejumlah kegiatan edukatif dan sosialisasi. Bentuk kegiatan itu, antara lain jalan sehat sosialisasi Pilwalkot Semarang 2015.
Jalan sehat dimulai dari Balaikota Semarang ke Jalan Pemuda, Jalan Pandanaran, Jalan MH Thamrin dan finish kembali di Balaikota. Jalan sehat ini diikuti sebanyak 1.500 orang dan dilepas oleh Plt Walikota Adi Trihananto.
Dikatakan, kegiatan yang mencontoh sosialisasi pemilu legislatif tahun lalu ini diharapkan efektif. Diharapkan gaung Piwalkot 2015 semakin dirasakan masyarakat, sehingga seluruh tahapan Pilwalkot dapat berjalan lancar.
“Diharapkan peserta yang hadir ini memberitahukan kepada masyarakat lainnya, menjadi bola salju (infomasi tentang adanya Pilwalkot pada 9 Desember),” ujarnya.
Saat ini, kata dia, tahapan Pilwalkot dalam tahap pendataan atau pencocokan dan validasi data pemilih. Menurutnya, hingga memasuki bulan Agustus hampir 80 persen rumah telah didata petugas dan akan berlangsung hingga 19 Agustus nanti.
Jika dilihat dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) Pemilu Presiden (Pilpres) tahun lalu, lanjut dia, data jumlah pemilih sebanyak 1.217.000. Namun, untuk Pilwalkot tahun ini belum diketahui, bisa berkurang dan bisa bertambah.
“Tapi kami perkirakan bisa berkurang atau menurun, karena tidak ada daftar pemilih tambahan khusus (mahasiswa/perantau dari luar kota yang memilih di Semarang, red.), pilwalkot ini hanya akan diikuti warga Semarang saja,” jelasnya.
Sementara itu, Plt Walikota Adi Trihananto mengatakan, jalan sehat sosialisasi Piwalkot ini dinilai dapat menjadi ajang saling mengenal dan memiliki tujuan bersama untuk mensukseskan Pilwalkot.
“Warga masyarakat diharapkan menggunakan hak pilihnya secara baik dan cerdas, sehingga terpilih pemimpin Semarang yang benar-benar bisa membangun,” tandasnya. (Art)

loading...
Click to comment
To Top