Muhammadiyah Usulkan Kahar Muzakkar Jadi Pahlawan Nasional – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Muhammadiyah Usulkan Kahar Muzakkar Jadi Pahlawan Nasional

FAJARONLINE, MAKASSAR — Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin banyak memberikan kejutan dalam sambutan pembukaan muktamar Muhammadiyah ke-47 dan satu abad Aisyiyah di lapangan Karebosi, pagi tadi, Senin 3 Agustus. Kejutan pertama ketika berbahasa Bugis di bagian awal dan berbahasa Makassar pada akhir pidato.

Kejutan kedua saat mengusulkan sejumlah kader Muhammadiyah menjadi pahlawan nasional. Satu di antaranya Kahar Muzakkar. Kahar merupakan satu dari 62 anggota dokuritzu zyumbi tyoosakai atau Badan Penyelidik untuk Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Dia juga merupakan pencetus piagam Jakarta atau Jakarta Charter.

Din mengatakan, Muhammadiyah telah ada jauh sebelum Indonesia merdeka. Jenderal Besar Sudirman dan presiden pertama Indonesia Soekarno adalah kader Muhammadiyah. “Begitu pula Kahar Mudzakkar, Ki Bagus Hadikusumo, dan Kasman Singodimedjo. Bahkan Kasman, selain berperan dalam BPUPKI dan PPKI, juga menjadi Ketua Pertama Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP), yang merupakan cikalbakal MPR. Pada kesempatan ini, kami mengusulkan kepada Presiden agar kader bangsa ini menjadi Pahlawan Nasional,” kata Din. Presiden RI Joko Widodo yang hadir bersama istri, menganggukkan kepala mendengar usulan Din tersebut. (rilis)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top