Peluang Calon Pimpinan Muhammadiyah Dianggap Berimbang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Peluang Calon Pimpinan Muhammadiyah Dianggap Berimbang

FAJARONLINE, MAKASSAR – Pemilihan calon pengurus tetap PP Muhammadiyah melalui sidang tanwir, Minggu kemarin dinilai belum bisa menjadi ukuran kekuatan kandidat dalam memperoleh suara 13 formatur yang selanjutnya memilih kursi ketua umum. Pemilihan 13 formatur akan sangat berbeda, khususnya dari jumlah pemilih yang terdiri atas 3 ribu peserta tersebut.

Anwar Abbas, calon tetap yang menempati urutan teratas dalam pemungutan suara sidang tanwir mengatakan belum tentu terpilih menjadi salah satu formatur. Apalagi menjadi ketua umum. Sebab hasil tanwir dianggap belum tentu mewakili suara peserta muktamar yang jumlahnya jauh lebih banyak. “Semua masih bisa berubah,” ujar Anwar di kampus Universitas Muhammadiyah Makassar, Senin 3 Agustus.

Sekitar tiga ribu peserta seluruh Indonesia akan menentukan pilihannya terhadap 39 calon tetap pengurus pusat Muhammadiyah dalam rangkaian sidang Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar pada Rabu 5 Agustus.

Menurut Anwar, para calon juga memiliki peluang yang sama besar lantaran selisih perolehan suara yang tidak signifikan. “Bisa saja yang posisi teratas tidak masuk daftar formatur. Atau juga sebaliknya,” ujarnya.

Anwar menjelaskan bahwa posisi ketua umum di PP Muhammadiyah juga belum tentu didapatkan oleh peringkat teratas di sidang tanwir. Begitu juga dengan formateur pada hasil sidang muktamar nanti. Dia mencontohkan pada beberapa muktamar terakhir, di mana ketua umum tidak selalu menempati peringkat teratas pemungutan suara. “Ketua umum adalah kesepakatan formatur. Setiap formatur dimintai pendapatnya siapa yang paling pantas.” pungkasnya. (jai)

loading...
Click to comment
To Top