Pembangunan Pasar Andong Salatiga Dianggarkan Rp1,7 Miliar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Pembangunan Pasar Andong Salatiga Dianggarkan Rp1,7 Miliar

SALATIGA – Pasar Andong yang berada di Jalan Osa Maliki, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah, semakin hari kian ramai didatangi pengunjung, setelah sejak beberapa bulan lalu menjadi pusat atau sentral perdagangan batu akik. Sebelumnya, pasar yang banyak dijadikan berdagang barang loak ini sepi pengunjung.

Dari sini, ke depan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM) Kota Salatiga berencana membangun pasar tersebut secara permanen. Hal ini agar semakin layak dan lebih representatif dan pembangunan telah direncanakan pelaksanaannya tahun 2015 ini dan tahun 2016. Demikian diungkapkan Sekretaris Disperindagkop UMKM Kota Salatiga, Wuri Handayani kepada Rakyat Jateng, Senin (3/8).
Menurutnya, pasar tersebut akan dibangun dengan menggunakan dana alokasi khusus ( DAK) sebesar Rp1,7 miliar. Harapannya, tahun 2015 ini dapat dimulai pembangunannya dan dilanjutkan tahun 2016 mendatang. Pembangunan pasar agar lebih representatif dan menjadi semakin ramai.
“Rencananya tahun 2015 ini akan dimulai pembangunannya dan dilanjutkan tahun 2016 mendatang. Anggaran yang digunakan membangun menggunakan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp1,7 miliar,” jelas Wuri.
Menurutnya, konsep pembangunan akan mengacu kepada bentuk sebelumnya, yang didalamnya terdiri dari kios dan los. Untuk los berada di tengah-tengah pasar. Jika pasar dibangun, sebagai tempat relokasi pedagang, paling tidak tempatnya nyaman dan tidak jauh dari Pasar Andong sekarang ini.
Sejumlah pedagang Pasar Andong mengatakan bahwa para pedagang sangat mendukung dibangunnya pasar ini. Pasalnya, dengan adanya pasar yang representatif maka akan menjadi nyaman dan bersih serta mendatangkan pendapatan.
“Jika benar dibangun, maka Pasar Andong akan semakin ramai dan harapannya, rencana pembangunan itu tidak terlalu molor seperti pembangunan Pasar Rejosari Salatiga. Untuk tempat relokasi, banyak pedagang yang berharap berada di komplek Stadion Kridanggo Salatiga, yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan Pasar Andong,” kata Supri (39) salah seorang pedagang batu akik. (hes)

loading...
Click to comment
To Top