SMA NU Al-Ma’ruf Berikan Dukungan Siswa Berprestasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

SMA NU Al-Ma’ruf Berikan Dukungan Siswa Berprestasi

KUDUS, RAJA – Keberhasilan tim voli putri Kudus menembus Popda tingkat Provinsi Jateng tak bisa dilepaskan dari peran penting SMA NU Al-Ma’ruf. Di kompetisi olahraga level pelajar yang akan berlangsung mulai hari ini, Senin (3/8), sekolah swasta ini menempatkan delapan siswi dari total sembilan pemain yang mengisi daftar skuad.

Abdul Anzis, guru sekaligus pembina voli di sekolah ini menjelaskan detil bentuk dukungan yang diberikan kepada atlet yang menimba ilmu SMA NU Al-Ma’ruf. “SMA NU Al-Ma’ruf berusaha maksimal dalam menyokong atlet untuk berprestasi. Salah satunya dalam hal finansial,” ujar Anzis.

Meskipun sudah mewakili nama Kudus, tapi SMA NU Al-Ma’ruf tetap memberikan dukungan penuh. “Jadi nanti tidak ada ceritanya atlet mengeluh tentang makanan dan kebutuhan yang kurang,” imbuh Anzis.

Pria ini mengenang ucapan Kiai Munawa Kholil. “Beliau pernah berpesan, tidak ada anak yang bodoh, karena semua memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Memang betul begitu adanya, karena sangat jarang sekali ada siswa yang menguasai semua bidang baik akademik maupun non-akademik,” terang Anzis.

Meskipun demikian, SMA NU Al-Ma’ruf tetap mengutamakan pendidikan yang diraih oleh siswa-siswinya. “Pendidikan tetap nomor satu, kami juga mengajarkan sejumlah disiplin lainnya yang berguna untuk masa depan,” ujar Anzis.

Salah satunya, jika siswa yang berprestasi di voli tapi tingkat kedisiplinannya rendah dan sering membolos, beasiswanya akan dicabut sementara untuk satu bulan dan baru dikembalikan jika sudah menunjukkan sikap displin sebagai siswa.

“Disini sudah ada kelas olahraga sejak sekitar 2010 silam. Tujuannya agar koordinasi siswa ketika ada latihan lebih mudah. Kelas itu sendiri per tahunnya diisi sekitar 40 siswa yang berbakat di bidang non-akademik,” beber Anzis.

SMA NU Al-Ma’ruf juga melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi. Salah satunya dengan UNNES Semarang. “Jadi kalau ada atlet berprestasi yang mau melanjutkan studi disana akan dapat akses yang relatif lebih mudah. Karena UNNES sendiri butuh atlet untuk dongkrak prestasi mereka,” kata Anzis.

Salah satu alumni SMA NU Al-Ma’ruf yang sukses melanjutkan studi di UNNES sembari tetap menggeluti kegemarannya di bidang olahraga adalah putra sulung dari Pelatih Tim Voli Putri Kudus Suryani, Rio Ibrahim. (*)

loading...
Click to comment
To Top