Tingkat Hunian Hotel Tumbuh Hingga Akhir Tahun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Tingkat Hunian Hotel Tumbuh Hingga Akhir Tahun

FAJARONLINE, MAKASSAR — Sesuai dengan hasil di beberapa survei yang dilakukan kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawasi Selalatan, mengenai tingkat perekonomian Sulsel triwulan II 2015.   Terkhusus survei dan data perbankan posisis Juni 2015 , mencatat tingkat Perkembangan Property Komersial (PPKom) di Sulsel, rata-rata mengalami peningkatan okupansi, kecuali tingkat hunian Hotel.

Pasalnya, sebelumnya pada triwulan I 2015 yang sebesar 73 persen, turun  menjadi 64 persen. Begitupala disisi  harga sewa, pihak property lain seperti Apartemen, ritel, lahan industri dan property lainnya yang meningkat pada triwulan II, Hotel kembali mengalami penurunan harga. Akibatnya, hampir keseluruhan hotel memberikan dan memasan masing-masing harga promo.

Menurut Ketua Perhimpun Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel, Kuandi Salim kepada FAJAR, ia juga mengakui penurunan tersebut. Kerena bersamaanya dengan moment bulan puasa dan lebaran, serta musim libur yang banyak keluar kota.

Pada triwulan III 2015,  PHRI menilai pertumbuhan tingkat hunian hotel akan kembali . Melihat pengalaman tahun-tahun sebelumnya, hunian Hotel bahkan melonjak sangat besar dibanding triwulan I dan II. Apalagi saat ini Sulsel menjadi salah satu Kota Parawisata, yang menjadi daya tarik wisata.

“Dalam awal triwulan III ini saja, mungkin bersamaan dengan moment banyaknya acara-acara di Kota Makassar, salah satunya Mukhtamar Muhamdiyah yang banyak memboking hotel untuk di tempati,” ujarnya.

Untuk bulan-bulan kedepan agustus, september November dan Desember adalah puncak meningkatnya hunian Hotel. Begitupula, sewa Hotelakan kembali di normalkan. Pasalnya, Makassar seperti biasa diprediksikan  akan banyak kedatangan wisata asing untuk berwisata menghabiskan akhir tahun.

“Walaupun dengan menurunnya tingkat hunian Hotel di Triwulan II dan teridikasi melambat, perekonomian Sulsel masih tumbuh dan akan menguat pada triwulan III,” ujar Causa Iman Karana Direktur Kantor Perwakilan BI Sulsel. (mp05/wik)

loading...
Click to comment
To Top