Waspadai Kekeringan, Menteri Desa Dorong Kades Bangun Irigasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Waspadai Kekeringan, Menteri Desa Dorong Kades Bangun Irigasi

JAKARTA-Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar mendorong kepada kepala desa untuk membangun irigasi dengan menggunakan dana desa. Hal ini untuk menghadapi musim kemarau yang berkepanjangan.

“Silahkan dengan musyawarah desa dibuat bangun jalan desa, infrastruktur desa,  irigasi, serta lumbung desa,” ujar Menteri Marwan, dalam acara ‘Dialog Pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat desa melalui program dana desa’ di Pendopo Kabupaten Nganjuk, Senin,
(3/8).

Sesuai amanat UU Desa, semangat pembangunan di perdesaan, bukan top down tapi buttom up. Jadi masyarakat desa mempunyai wewenang untuk membangun desa. Karena itu, dana desa bisa diprioritaskan untuk membuat irigasi desa, dan bisa disinergikan dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) di Kabupaten.

“Ini juga sesuai dengan program Nawacita Presiden Jokowi. Presiden berkomitmen bangun desa,” tandasnya.

Komitmen presiden dalam membangun desa, bisa dibuktikan dengan naiknya anggaran desa dari 9 Triliun menjadi 20 Triliun.

“Jadi anggaran desa yang berjumlah 1,4 Miliar itu bisa dilakukan secara bertahap sampai 2018. Tapi akan kita upayakan sudah bisa terpenuhi pada tahun 2016,” tandasnya.

Di hadapan 284 Desa di Kabupaten Nganjuk, Menteri Marwan mengingatkan penggunaan dana desa harus betul-betul dilaksanakan dan dimaknai untuk pembangunan desa.

“Kalau seperti Nganjuk kira-kira akan mendapatkan 150 Juta, ditambah dana ADD 400-an Juta, maka kira-kira perdesa akan mendapatkan sekitar 600 juta,” imbuhnya.

Selain digunakan untuk infrastruktur perdesaan, dana desa menurut Menteri Marwan bisa digunakan untuk memberdayakan aparat desa dan mendorong ekonomi perdesaan melalui BUMDes.

“Saya minta data BUMDesnya, kalau belum ada, saya minta dibuat segera. Sesuai dengan permendesa, BUMDes itu solusi konkret tingkatkan perekonomian desa,” tandasnya.[zul]

To Top