39.694 Warga Solo Tak Pegang e-KTP – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

39.694 Warga Solo Tak Pegang e-KTP

SOLO, RAJA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kota Surakarta kehabisan blangko kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), akibatnya sebanyak 39.694 warga kota setempat yang telah melakukan perekaman data hingga sekarang belum menerima e-KTP.

Kasi Identitas Kependudukan Disdukcapil Pemkot Surakarta, Subandi, di Solo, Senin, mengatakan telah melaporkan kekosongan blangko e-KTP ke Pemerintah Pusat.

Ia mengatakan sesuai informasi kekosongan blangko e-KTP baru akan dipenuhi pada bulan Agustus ini. “Terakhir April kami terima 8.208 blangko e-KTP. Tapi pertengahan Juni sudah kehabisan,” katanya.

Ia mengatakan untuk mengatasi persoalan tersebut diterbitkan surat keterangan penduduk yang telah melakukan rekam e-KTP. Surat keterangan ini sebagai pengganti e-KTP sesuai dengan surat edaran (SE) Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri.

Data yang tertera dalam surat keterangan, lanjutnya, mengacu pada data saat perekaman. Dibubuhkan pula tanda tangan resmi sesuai perekaman e-KTP. “Surat keterangan ini bisa digunakan untuk mengurus administrasi di perbankan atau lainnya. Memang masih ada satu perbankan seperti BCA yang menolak surat keterangan itu,” katanya.

Ia mengatakan selain surat keterangan, Dispendukcapil sebelumnya juga telah menerbitkan KTP non-elektronik. Berdasarkan catatan Dispendukcapil, 39.694 warga yang telah melakukan perekaman belum menerima e-KTP. Sebagian warga menggunakan KTP non-elektronik dan surat keterangan perekaman e-KTP.

Dikatakan dengan diterbitkan e-KTP sementara ini warga juga tidak banyak yang mengeluh. “Kami mengimbau kepada instansi untuk menerima sementara surat keterangan warga yang telah melakukan perekaman e-KTP, karena memang blangko dari Pusat belum turun, sehingga warga belum bisa miliki e-KTP,” katanya.

Secara keseluruhan hingga Juli, jumlah warga Solo yang telah melakukan perekaman e-KTP ada sebanyak 405.092 dari total wajib e-KTP sebanyak 413.852. Sebanyak 8.760 warga belum melakukan perekaman e-KTP.

Subandi mengatakan dirinya tidak tahu pasti mengapa masih banyak warga yang belum melakukan perekaman e-KTP. “Banyak alasan misalnya ke luar kota atau yang lain. Sekarang kami jemput bola agar warga bisa melakukan perekaman e-KTP,” katanya. (in)

loading...
Click to comment
To Top