7 Daerah Batal Pilkada Serentak, Pemerintah Belum Tentukan Opsi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

7 Daerah Batal Pilkada Serentak, Pemerintah Belum Tentukan Opsi

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan, pemerintah dan penyelenggara pemilu resmi tak memperpanjang lagi waktu pendaftaran calon untuk pilada serentak. Sesuai dengan kesepakatan awal, perpanjangan pendaftaran hanya sampai Senin (3/8).

“Enggak, enggak. Diperpanjang juga percuma. Wong sudah daftar tahu-tahu mundur. Datang daftar, tahu-tahu menghilang, ada kan. Ini kan enggak niat,” ujar Tjahjo di kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/8).

Menurut Tjahjo, saat ini pemerintah belum menentukan opsi lain setelah tujuh daerah batal mendaftar pilkada serentak karena kurang jumlah calon. Dia akan melaporkan hal itu pada Presiden Joko Widodo melalui rapat kabinet di kantor kepresidenan, sore ini.

“Besok beliau (presiden) juga akan konsultasi dengan DPR. Sore ini laporan. Besok rapat lagi di Bogor, bisa 2 hari,” imbuh Tjahjo.

Sementara itu, Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan, pemerintah memiliki beberapa opsi setelah kurangnya jumlah daerah yang berpartisipasi di pilkada serentak. Salah satunya berupa perppu.

“Belum diputuskan. Ada opsi macam-macam kan. Ada perppu juga. Akan kami bahas nanti,” ujar Tedjo. (flo/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top