Antisipasi Banjir, Jalan Ditinggikan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Antisipasi Banjir, Jalan Ditinggikan

KENDAL, RAJA – Saat ini, jalanan di sekitar wilayah Alun-alun Kendal ditinggikan. Proyek tersebut bertujuan mengurangi banjir yang kerap melanda kawasan yang berdekatan dengan Kantor Bupati Kendal tersebut.

Pasalnya, setiap banjir bandang, lingkungan Setda Kendal dan sekitarnya kerap tergenang air dengan ketinggian sekitar 30 sentimeter. Jalan yang ditinggikan meliputi Jalan Notomudigdo di sebelah timur Kantor Bupati dan Jalan Habiproyo sebelah barat Kantor Bupati. Ketinggian jalan tersebut bervariasi dengan maksimal 40 sentimeter.

Kabid Bina Marga Dinas Bina Marga Sumber Daya Alam Energi dan Sumber Daya Mineral Kendal, Sugeng Prayitno, mengatakan, peninggian jalan sebagai upaya mengurangi banjir yang kerap melanda lingkungan alun-alun dan sekitarnya sekaligus untuk penataan wajah kota.

“Alun-alun sebagai jantung Kota Kendal, terlihat jelek jika kerap kebanjiran. Maka dari itu dilakukan peninggian jalan. Peninggian jalan bervariasi dan kami sesuaikan dengan ketinggian saat banjir. Namun maksimal kami tinggikan 40 sentimeter,” kata dia, Senin (3/8).

Dia menerangkan, sebagai kontraktor pelaksana yakni CV Graha Baja Mas dari Kabupaten Semarang selaku pemenang lelang. Perbaikan ditarget selesai 90 hari kalender dan nilai kontrak Rp 1,5 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus.

“Kami targetkan pada pertengahan November pekerjan sudah rampung,” tuturnya.

Menurutnya, selama perbaikan berlangsung, arus lalu lintas tetap dibuka untuk pengguna jalan. Namun, jika terpaksa dilakukan penutupan, arus lalu lintas akan ditutup. Sementara ini, kata dia, belum terjadi kemacetan yang parah, sehingga belum dilakukan penutupan arus lalu lintas.

“Kami juga melakukan peninggian untuk Jalan Masjid yakni di depan Masjid Agung Kendal ke arah utara dengan biaya Rp 1,1 miliar,” kata Sugeng. (*)

loading...
Click to comment
To Top