Bakal Cawali-Cawawali Semarang Penuhi Syarat Kesehatan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Bakal Cawali-Cawawali Semarang Penuhi Syarat Kesehatan

SEMARANG – Tiga bakal calon walikota (cawali) dan calon wakil waikota (cawawali) Semarang memenuhi syarat kesehatan yang ditentukan oleh IDI Kota Semarang dan KPU Kota Semarang, Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Kota Semarang, Henri Wahyono, saat melakukan penyerahan berita acara hasil penelitian administrasi syarat pencalonan dan syarat calon walikota dan wakil walikota Semarang di Kantor KPU Kota Semarang, Selasa (4/8).
“Mereka semua mampu atau memenuhi syarat untuk melaksanakan tugas dan melanjutkan proses selanjutnya,” katanya.
Selanjutnya terkait syarat-syarat, ada beberapa pasangan yang belum memenuhi, tapi 80 persen sudah dilengkapi yang telah disampaikan oleh tim bakal pasangan calon. “Mereka menitipkan syarat-syarat yang belum lengkap ke KPU, sebagai proses perbaikan kita berikan tanda terima dari hasil titipan kemarin,” jelasnya.
Untuk persyaratan yang belum dilengkapi antara lain meliputi SKCK dari Polrestabes Semarang, sebagai bukti bahwa yang bersangkutan bukan merupakan pelaku kejahatan berulang, tanda bukti penerimaan pajak atau tidak mempunyai tanggungan pajak, kemudian ada foto diri, kelengkapan ijasah, surat keterangan pengadilan mengenai tidak memiliki hutang.
”Kami betul-betul teliti memeriksa dan melibatkan pihak berkompeten karena KPU tidak mempunyai kemampuan untuk memeriksa semua itu,” jelasnya.
Kemudian perbaikan harus dilakukan mulai Selasa (4/8) sampai tanggal 7 Agustus untuk memperbaiki berkas syarat calon yang kurang. Setelah tanggal 7 Agustus 2015, jika ada syarat calon yang belum lengkap bisa dibatalkan.
“Sampai tanggal 7 ada proses penelitian ke dua kemudian penetapan dari bakal pasangan calon ke pasangan calon,” ujarnya. (art)

Click to comment
To Top