Debit Air Sumur PDAM Kudus Turun Drastis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Debit Air Sumur PDAM Kudus Turun Drastis

KUDUS, RAJA – Debit air sumur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pada musim kemarau sekarang ini mulai mengalami penurunan secara bervariasi.

“Jika sebelumnya tercatat hanya empat sumur produksi yang debit airnya berkurang, kini meningkat menjadi delapan sumur dari 42 sumur produksi yang ada,” ujar Direktur PDAM Kudus Ahmadi Syafa di Kudus, Senin (3/8).

Sumur produksi yang debit airnya mulai menurun, yakni tersebar di Kecamatan Bae, Dawe, dan Gebog. Penurunan debit air tersebut, kata dia, masing-masing sumur produksi berbeda-beda. “Biasanya tingkat penurunan debit airnya disesuaikan dengan kondisi geografisnya,” ujarnya.

Berdasarkan hasil pantauan terakhir, kata dia, penurunannya bisa mencapai sekitar enam meter.

“Awalnya, pompa penyedot untuk pengambilan air berada di kedalaman 45 meter, sekarang harus diturunkan kembali menjadi 51 meter,” ujarnya.

Apabila pompa penyedot air tersebut semakin dalam masuk ke sumur, katanya, selain kapasitas pengambilan air dari masing-masing sumurnya juga menurun, maka biaya produksinya juga semakin bertambah.

Meskipun demikian, kata dia, pelanggan tidak perlu khawatir karena stok air untuk pelanggan masih cukup.Terkait dengan permintaan bantuan air bersih, masih bisa dipenuhi.

Hanya saja, katanya dia, ketika permintaannya lebih besar dari kemampuan PDAM Kudus, tentu tidak bisa dipenuhi karena mempertimbangkan pasokan air untuk pelanggan. (bs)

loading...
Click to comment
To Top