Ini Dia Calon Plt Bupati Maros – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Ini Dia Calon Plt Bupati Maros

FAJARONLINE, MAROS — Teka-teki siapa yang bakal ditunjuk menjadi pelaksana tugas (Plt) Bupati Maros masih belum terjawab. Padahal masa jabatan Bupati saat ini, Hatta Rahman akan segera berakhir kurang sepekan lagi, tepatnya 11 Agustus mendatang. Namun, beberapa nama santer terdengar akan jadi orang nomor satu di Maros selama lima bulan kedepan.
Sekertaris DPRD Maros, Towadeng menjelaskan pihaknya telah melengkapi persyaratan untuk ditunjuknya plt. Salah satunya adalah surat kepada Gubenur Syahrul Yasin Limpo mengenai pemberitahuan berakhirnya masa jabatan bupati Maros. “Suratnya sudah kami kirim sejak pekan lalu, belum ada konfirmasi,” ujarnya.
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang memiliki kewenangan menentukan plt tersebut, atas usulan gubernur. Gubernur sendiri berhak mengajukan tiga nama yang akan dipilih Mendagri.
Towadeng menambahkan jika dalam sepekan kedepan belum ada SK penunjukan plt yang dikirimkan Kemendagri, maka sesuai regulasi sekertaris daerah (sekda) Maros yang ditunjuk bertindak sebagai pelaksana harian. “Jadi ingat ya bukan pelaksana tugas, tetapi pelaksana harian,” jelasnya.
Di kalangan PNS Kabupaten Maros sendiri, beberapa nama disebut-sebut bakal jadi orang nomor saru di Butta Salewangan selama lima bulan kedepan. Diantaranya Sekertaris Provinsi Sulsel Abdul Latif, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Jufri Rahman dan Mantan Kabag Humas Pemprov Agus Sumantri. “Ada beberapa nama yang beredar. Nama Kadis Pariwisata (Provinsi,red) saya dengar juga muncul,” kata Towadeng.

Dikonfirmasi, Jufri meng-amin-kan jika dirinya masuk bursa plt Bupati Maros.  Namun ia menyerahkan sepenuhnya hal itu kepada keputusan Syahrul. “Soal plt itu hanya Allah dan Gubernur yang tau dik. Jadi jangan berandai-andai dulu ya,” jelas Jufri. (ris)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top