IPI Jagokan Tenri Olle di Gowa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

IPI Jagokan Tenri Olle di Gowa

MAKASSAR,FAJARONLINE- Kans Tenri Olle Yasin Limpo-Chairil Muin mesti diperhitungkan dalam pilkada Gowa. Lembaga konsultan politik Indeks Politica Indonesia (IPI) dalam rilisnya menyebutkan pasangan itu berpotensi memenangkan pemilu kepala daerah (pilkada) Desember 2015 mendatang.

“Pertimbangan pertama, basis internal keluarga besar Yasin Limpo lebih cenderung mendukung Tenri. Itu terlihat saat pendaftaran yang diantar ibundanya. Ini persoalan Tenri lebih dituakan ketimbang Adnan,” ujar Direktur IPI, Suwadi Idris Amir di Makassar, Selasa 4 Agustus.

Alasan kedua, wakil Tenri Olle, Chairil Muin memiliki pengaruh lebih besar ketimbang calon kosong dua lainnya yakni Abdul Rauf, dan Wahyu Permana. “Basis Chairul Muin besar di Kabupaten Gowa akan berpengaruh besar terhadap hasil pilkada Desember nanti,” jelas Suwadi.

Selanjutnya, political ID yang dicipatakan Tenri berhasil menarik tokoh populer Kabupaten Gowa yang sebelumnya diwacanakan maju sebagai calon. Figur yang dimaksud, di antaranya anggota DPR RI, Amir Uskara yang sebelumnya memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon bupati Gowa. Selanjutnya Darmawangsah Muin dan Yusuf Sommeng yang memiliki basis massa riil.

Terakhir, kata Suwadi, Tenri Olle menguasai mesin partai Golkar sebagai pemenang pada pemilihan legislatif lalu. Sampai saat ini, Tenri Olle adalah Ketua DPD II Golkar Gowa. Selain pasangan Tenri Olle-Hairil Muin, pilkada Gowa juga diramaikan pasangan Adnan Purichata Ichsan Yasin Limpo -Abdul Rauf, Andi Maddusila-Wahyu Permana Kaharuddin, dan Djamaluddin Maknun-Masykur yang juga maju pada jalur perseorangan. (nur)

Click to comment
To Top