Mendaftar Haji Sekarang, Berangkat 16 Tahun Kemudian – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Mendaftar Haji Sekarang, Berangkat 16 Tahun Kemudian

BATANG  – Kementerian Agama Kabupaten Batang menyelenggarakan bimbingan manasik haji jamaah calon haji tahun 1436 H/ 2015 Kabupaten Batang yang bertempat di Pendopo Kantor Bupati Batang Selasa (4/8).

Jumlah calhaj yang akan berangkat dari Kabupaten Batang sebanyak 733 jemaah calon haji yang terdiri dari laki-laki 358 orang dan perempuan 375 orang. Jamaah termuda berusia 24 tahun atas nama Nur Kholis bin H. Toari Hamdan dari Kecamatan Pecalungan dan calon jamaah haji tertua berusia 88 tahun atas nama Taryono bin Dollah dari Kecamatan Blado.
Dari 375 calhaj itu, 161 merupakan pedagang, ibu rumah tangga ada 86, pegawai BUMN 5, pelajar 1, pensiunan 25, petani 155, ada juga PNS, swasta, dan TNI/Polri. “Jumlah keseluruhan ada 733 orang,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang Nur Rosyid selaku ketua penyelenggara bimbingan manasik haji.
Calhaj dari Batang ini terbagi dalam 3 kloter yakni kloter 50, 51, dan 52 yang akan diberangkatkan pada tanggal 8 dan 9 September 2015. Untuk kloter 50 Kabupaten Batang digabung dengan Kabupaten Brebes, kloter 51 Kabupaten Batang penuh dan kloter 52 Kabupaten Batang digabung dengan Kabupaten Semarang. Kemudian untuk petugas TPHD Kabupaten Batang terdiri dari Yoyok Riyo Sudibyo yang juga Bupati Batang, Agus Nugroho, dan Solikhin, ujar Nur Rosyid.
Wakil Bupati Batang Soetadi pada saat membuka kegiatan manasik haji mengatakan, jumlah calon jemaah haji 733 orang ini paling banyak dalam sejarah Kabupaten Batang. Tahun lalu hanya 522 orang.
Menurutnya, apabila mendaftar haji tahun sekarang maka harus menunggu daftar tunggu selama 16 tahun yang akan datang. “Maka dari itu kita harus syukuri karena diberi kesempatan berangkat pada tahun ini,” katanya.
Kemudian bimbingan ini akan memberi bekal dan gambaran bagi para calon jamaah haji Kabupaten Batang guna menyempurnakan ibadahnya di tanah suci nanti.
Hadir pada acara tersebut kepala SKPD terkait di lingkungan Pemkab Batang, kepala kantor Kemenag Kabupaten Batang, Ketua MUI Batang, pengurus daerah IPHI dan para calon jamaah haji Batang. (asn)

loading...
Click to comment
To Top