Oktober, Kampung Bahari di Tambak Lorok Mulai Dibangun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Oktober, Kampung Bahari di Tambak Lorok Mulai Dibangun

SEMARANG – Pembangunan Kampung Bahari di Tambak Lorok, Kota Semarang, Jawa Tengah, akan segera dimulai Oktober 2015 mendatang. Pengerjaan proyek akan dimulai dengan pembangunan tanggul berbentuk huruf U. Tujuannya, sebagai pencegah masuknya air rob ke pemukiman yang akan dijadikan kampung bahari.

Menurut Kabid PJSA Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana Bambang Astoto, saat ini proses lelang pembangunan tanggul sudah selesai dengan waktu pengerjaan fisik tiga tahun.
“Dana dari APBN program Kementrian Pekerjaan Umum (PU) total Rp156 miliar. Ini proyek multi years. Lebar tanggul sisi kanan dan kiri itu masing-masing 825 meter,” ujarnya Bambang.
Hal itu dikatakan Bambang seusai diskusi “Sinkronisasi Rencana Pembangunan Kampung Bahari Tambak Lorok” di kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Semarang, Selasa (4/8).
Dia menjelaskan, awalnya pembangunan tanggul itu direncanakan hanya satu tahun. Namun karena kontur tanah di Tambak Lorok mengalami penurunan sehingga membutuhkan konstruksi yang kuat, yang akhirnya oleh konsultan yang menangani diputuskan tiga tahun untuk pengerjaan fisik tanggung tersebut.
“Tadinya mau setahun. Karena tidak ada desain, akhirnya mundur-mundur. Lalu pihak konsultan buat desain sesuai kondisi di lapangan,” jelasnya. (*)

loading...
Click to comment
To Top