Dianggap Layak, The Star of Soekarno Award Diberikan Buat King Maroko – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Dianggap Layak, The Star of Soekarno Award Diberikan Buat King Maroko

RMOL. Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS) berencana memberikan The Star of Soekarno Award untuk Raja Muhammad VI dari Kerajaan Maroko. YPS menilai Raja Muhammad VI memainkan peranan penting dalam proses demokratisasi dan pembangunan ekonomi negara di ujung barat Afrika Utara itu.

Pria kelahiran 21 Agustus 1963 itu naik tahta pada tanggal 30 Juli 1999 menggantikan ayahnya, Raja Hassan II yang meninggal dunia.

Sebagai raja muda ketika itu Raja Muhammad VI bergerak cepat memperkuat konsolidasi demokrasi dan komitmen perlindungan hak asasi manusia sekaligus mengembangkan konsep pembangunan kawasan yang menyentuh daerah-daerah terpencil maulai dari Pegunungan Atlas hingga Gurun Sahara.

Kini Maroko menjadi salah satu negara yang diperhitungan di kawasan Mediterania.

“Komitmen Maroko pada demokrasi, HAM dan pembangunan ekonomi itu memungkinkan Maroko selamat dari Arab uprising tahun 2012 lalu,” ujar Sekretaris YPS Ristiyanto dalam perbincangan dengan redaksi.

Ristiyanto juga mengatakan hal lain yang menjadi bahan pertimbangan YPS memberikan The Star of Soekarno Award kepada Raja Muhammad VI adalah hubungan baik antara kedua negara yang dibangun Presiden Sukarno dan Raja Muhammad V.

“Kita tentu berbesar hati karena ketika Bung Karno berkunjung ke Rabat pada tahun 1960, Raja Muhammad V menjadikan nama Bung Karno sebagai nama salah satu jalan protokol di kota itu,” ujar Ristiyanto lagi.

Dia juga mengatakan telah bertukar pendapat dengan pihak Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Maroko mengenai rencana pemberian penghargaan ini.

“Dalam waktu dekat, pihak YPS dan Ibu Rachmawati akan bertemu dengan Kedutaan Besar Kerajaan Maroko di Jakarta,” demikian Ristiyanto.

Selain kepada Raja Muhamamd VI, The Star of Soekarno Award tahun ini juga akan diberikan kepada Raja Abdullah II dari Jordania, Kim Jong Un dari Korea Utara, dan sejumlah pemimpin lain.

The Star of Soekarno Award diberikan pertama kali kepada 13 tokoh dunia tahun 2001 bersamaan dengan haul ke-100 Bung Karno. Sepuluh tahun kemudian penghargaan ini diberikan kepada Presiden BJ Habibie atas jasa baiknya memberikan kesempatan kepada YPS mengajarkan ajaran Bung Karno di UBK. [dem]

Click to comment
To Top