Didropping Air Bersih, Mbah Sukadi: Alhamdulillah… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Didropping Air Bersih, Mbah Sukadi: Alhamdulillah…

DEMAK – Kekeringan melanda sebagian daerah di Kabupaten Demak. Warga pun kesulitan mendapatkan air bersih. Karenanya, warga Dukuh Ngasem Kulon, Desa Sukodono, Kecamatan Bonang mengaku senang dan spontan mengucap syukur pada saat mendengar pengumuman dari pemerintah desa setempat tentang akan datangnya dua buah mobil tangki berisi air bersih bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak, Selasa (4/8) siang.

Meski terik sinar matahari menyengat kulit, warga Sukodono dengan tertib menunggu saat petugas dari BPBD mengisi air bersih dari bak tangki mobil ke ember warga yang berjejer.
Salah seorang warga yang antre itu adalah Mbah Sukadi (60) warga Dukuh Ngasem Kulon RT.1/1 Desa Sukodo. Begitu dua embernya penuh dengan air bersih, sepontan mengucapkan syukur kepada Allah SWT. “Alhamdulillah ya Allah, terima kasih kepada Pemerintah Demak atas bantuan air bersihnya,” kata Mbah Sukadi dengan nada ceria.
Mbah Sukadi juga menambahkan pada saat kekeringan melanda di daerahnya itu, warga terpaksa menggunakan air sungai yang hampir keruh, juga mencari mata air ke dukuh tetangga berjarak lebih kurang 500 meter dari dukuhnya tersebut.
Hal senada juga disampaikan Jukarti (51) janda yang tinggal dengan anaknya di dukuh itu, mengaku saat puasa hingga lebaran mengeluh dengan kondisi kekeringan yang melanda di tempat tinggalnya itu.
Dari informasi yang diperoleh di lapangan, desa tersebut merupakan satu dari 62 desa di 13 kecamatan di Kabupaten Demak yang memang dilanda kekeringan.
“Desa kami (Sukodono, red) khususnya di Dukuh Ngasem Kulon ini sudah dilanda kekeringan hampir tiga minggu,” jelas Pj Kepala Desa Sukodono Bonang Demak, Abu Khoir.
Melihat kondisi desanya itu, Abu Khoir menambahkan, pihak pemerintah desa akan berupaya semaksimal mungkin mengambil langkah pengadaan pamsimas di Desa Ngasem Wetan. Pihaknya meminta kepada Pemerintah Kabupaten Demak agar dapat memberi bantuan air bersih yang sama dengan mengirimkan kembali setiap dua hari sekali melalui BPBD Demak.
Sementara Suprapto perwakilan dari BPBD Demak mengaku belum dapat menjawab permintaan yang diminta pihak Pemdes Sukodono, dikarenakan untuk saat ini BPBD juga melayani permintaan droping air dari desa lainnya yang juga mengalami kekeringan.
“Kami saat ini belum bisa menjawab permintaan dari warga Sukodono, dikarenakan untuk sementara ini BPBD Demak sedang melayani kalau ada permintaan dari desa lain,” kata Suprapto. (fiz)

loading...
Click to comment
To Top