DP4 Gowa Melonjak Signifikan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

DP4 Gowa Melonjak Signifikan

FAJARONLINE, SUNGGUMINASA — Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) menjelang pilkada Desember 2015 mendatang Gowa meningkat signifikan. Bahkan peningkatannya mencapai 130 ribu.

Lonjakan signifikan DP4 Gowa itu mendapatkan kritikan keras mantan Ketua KPU Gowa, Hirsan Bachtiar. Dia menilai, penambahan DP4 yang dipaksakan ke dalam daftar pemilih tetap (DPT) berpotensi mengakibatkan pilkada Gowa rawan kecurangan. Angka pertambahan sebanyak 130 ribu sangat tidak rasional. “Indikator utama penambahan pemilih seharusnya dijelaskan oleh KPU Gowa ke publik. Pasalnya penambahan DP4 bertambah dalam waktu yang sangat singkat. Penambahan DP4 pada pilkada 2015 rawan kecurangan yang bisa saja dimanfaatkan oleh calon tertentu,” ujar Bachtiar dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 5 Agustus.

Dia menyarankan komisioner KPU Gowa agar melakukan verifikasi data pemilih secepat mungkin karena bisa saja menjadi pemicu kecurangan. Hirsan mengaku sesuai pengalaman pada pilkada 2010-2015 hasil sinkronisasi DP4 dan DPT pilkada 2010 lalu terjadi penambahan data pemilih sebanyak kurang lebih 50 ribu lebih. (zuk)

Click to comment
To Top