Jokowi Diminta Gandeng Rizal Ramli Atasi Keterpurukan Ekonomi Indonesia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Jokowi Diminta Gandeng Rizal Ramli Atasi Keterpurukan Ekonomi Indonesia

JAKARTA – Nilai tukar rupiah atas dolar AS yang melemah berdampak pada kemampuan perusahaan-perusahaan yang bahan bakunya berasal dari luar negeri. Dengan demikian, biaya untuk mengimpor bahan baku akan semakin mahal, dan akibatnya harga produk yang dihasilkan juga akan menjadi mahal.

“Bila harga mahal di pasaran, maka peluang untuk dibeli konsumen akan berkurang. Ini artinya pelemahan rupiah akan berdampak buruk bagi eksistensi perusahaan dan pekerjanya terutama bagi perusahaan orientasi import dengan pasar lokal,” kata Sekjen Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI), Timboel Siregar, dalam keterangan beberapa saat lalu (Rabu, 5/8).

Pelemahan rupiah, sambung Timboel, juga akan berpengaruh pada kemampuan perusahaan untuk membayar utangnya yang berbasis dolar atau mata uang lainnya. Dalam kondisi tersebut, tentunya untuk mempertahaankan eksistensi perusahaan, maka pihak perusahaan akan berpotensi melakukan efisiensi, dan seperti biasanya yang akan pertama diefisiensi adalah pekerja.

“Oleh karena itu, pemerintah seharusnya proaktif merespon kondisi ini, khususnya untuk menahan laju PHK yang terjadi. Namun, yang saya lihat tim ekonomi saat ini belum menunjukkan langkah konkret,” sesal Timboel.

Untuk itu, Timboel menyarankan, Presiden Jokowi harus segera merombak tim ekonomi, dan merekomendasikan figur-figur yang memiliki banyak terobosan dalam menyelesaikan persoalan ekonomi yang semakin karut marut. Sosok yang tepat untuk menjadi panglima di bidang ekonomi atau Menko Perekonomian adalah Rizal Ramli.

“Rizal Ramli punya pengalaman menjadi Menko Perekonomian, dan dia memiliki pengetahuan tentang fiskal dan moneter,” demikian Timboel. (ysa/RMOL)

loading...
Click to comment
To Top