Kepsek Klarifikasi Pungutan di SMK 1 Maros – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Kepsek Klarifikasi Pungutan di SMK 1 Maros

MAROS, FAJARONLINE — SMK 1 Maros menyangkal dugaan pungutan liar (pungli) bagi siswa baru. Kepala SMK 1 Maros Asiz mengklaim pembayaran yang dibebankan kepada orangtua disebut telah mendapat persetujuan lewat forum komite sekolah.
“Jadi ini tidak dikategorikan pungli. Namun kesepakatan sekolah dan komite untuk meilbatkan orangtua dalam peningkatan kualitas pendidikan di SMK 1. Itupun tidak dipaksakan,” ujar Asiz
Pembayaran tersebut senilai Rp500ribu hingga Rp5 juta per siswa, diusulkan lewat komite untuk beberapa item program yang tidak didanai oleh dana BOS. Seperti pengadaan kursi, pembelian lahan sebanyak 28 are untuk pembangunan 6 ruang kelas, serta timbunan karena sekolah rawan banjir.
Dirinya juga mengklarifikasi pengadaan seragam olahraga dan batik bagi para siswa baru. Menurutnya, hal itu dilakukan karena tidak mungkin siswa membuat seragam satu per satu. “Itu ditangani bagian kesiswaan, supaya baju batik dan olahraganya seragam semua. Bahkan ada belasan siswa yang digratiskan karena kurang mampu, jadi sekali lagi bukan pungli,” tegasnya.
Sekertaris Dinas Pendidikan Maros Andi Ma’mun mengakui hal tersebut tidak dikategorikan pungli. Namun dirinya tetap memperingatkan terkait pembelian lahan sekolah. “Pembelian lahan harus sepengetahuan Disdik. Karena itu termasuk aset,” tandasnya. (ris)
loading...
Click to comment
To Top