Pasar Gembrong Terbakar, Ahok Salahkan Warga – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Pasar Gembrong Terbakar, Ahok Salahkan Warga

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ‎menyalahkan masyarakat terkait kebakaran hebat yang terjadi di Pasar Gembrong pada Selasa (4/8). Pria yang akrab disapa Ahok ini menilai, kebakaran terjadi karena pola hidup masyarakat yang tidak tertata baik.

Pola hidup yang dinilai tidak tertata baik adalah pemasangan instalasi listrik yang dilakukan seenaknya. Padahal, rumah-rumah yang dibangun berhimpitan.

“Gimana enggak kebakaran, orang bakar sampah, rumah-rumah liar yang triplek,” kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Rabu (5/8).

Karena itu, Ahok memiliki rencana untuk memindahkan warga yang tinggal di pemukiman kumuh ke rumah susun. “Jadi saya kalau menggusur mereka ke rusun bukan karena jahat, tapi (mencegah) bahaya kebakaran, ‎kehilangan nyawa dan harta,” ucap mantan Bupati Belitung Timur ini.

Ahok menjelaskan, warga yang dipindah ke rusun tidak perlu membayar uang sewa. Warga yang setuju pindah ke rusun hanya perlu membayar uang pemeliharaan.

“Jadi kalau warga yang kami dorong ke rusun masih ngotot, umumnya itu warga yang nyewain. Dia punya petak gitu lho. Itu saja,” tandas Ahok.

Seperti diberitakan, Pasar Gembong yang menjadi pusat mainan anak-anak di Jakarta Timur dilalap api. ‎ Kebakaran menghanguskan setidaknya 25 kios di pasar itu. Api berkobar selama tiga jam dan baru bisa dipadamkan sekitar 23.00 WIB.(gil/jpnn)

Click to comment
To Top