Pegawai Pemkot Makassar Melek Foto Jurnalistik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Pegawai Pemkot Makassar Melek Foto Jurnalistik

FAJARONLINE, MAKASSAR — Workshop Fotografi bertema “Fotografi, Jurnalistik, dan Kehumasan dalam Konteks Kekinian” yang digelar bagian Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar selama tiga hari 5-7 Agustus menuai tanggapan positif dari Staf Ahli Bidang III, Ekonomi dan Keuangan Pemkot Makassar, Andi Bau Sawa.

Menurutnya, kegiatan yang berlangsung di Hotel Nite & Day itu, memberi manfaat positif dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur Pemkot Makassar dalam memahami dan menggunakan kamera foto untuk melakukan kegiatan pendokumentasian kegiatan pemerintah guna menjadi bahan informasi yang layak bagi publik. “Memahami fotografi dan jurnalistik itu penting, olehnya pegawai Pemkot perlu mendapatkan pemahaman jurnalistik agar mampu memberikan informasi yang layak bagi publik,” kata Andi Bau Sawa dalam sambutan pembukaannya.

Panitia Pelaksana Workshop, Andi Alif Panawan, mengatakan, Workshop ini merupakan upaya Pemkot Makassar untuk menciptakan SDM aparatnya yang melek terhadap kegiatan kehumasan yang berorientasi pada kemampuan jurnalistik, hal ini sejalan dengan program Walikota, Makassar Sombere & Smart City.

Melalui pengetahuan jurnalistik, berbagai program pemerintah dapat tersebarluasakan dengan baik sesuai dengan kode etik kehumasan. “Pegawai Pemkot Makassar perlu memiliki wawasan jurnalistik agar mampu melaksanakan kerja-kerja kehumasan dengan baik sesuai dengan arahan bapak Walikota Makassar,” ujar Andi Alif Panawan.

Kasubag Dokumentasi Humas Pemkot Makassar ini menambahkan, peserta workshop sebanyak 50 orang yang terdiri dari utusan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan mahasiswa. Para peserta dibekali pemahaman menggunakan kamera profesional dan teknik mendapatkan foto tidak hanya untuk kebutuhan dokumentasi namun juga layak dipublikasikan.

Yusuf Ahmad, Foto Jurnalis yang menjadi pemateri dalam Workshop menyampaikan, “Kegiatan ini sangat penting bagi mereka yang bergelut di bidang kehumasan, khususnya fotografi. Bagaimana foto-foto yang mereka hasilkan tidak hanya untuk keperluan dokumentasi, namun juga dapat dimanfaatkan oleh media massa atau lembaga lainnya,” bebernya.

Selama tiga hari, peserta akan dibekali materi Pengenalan Fotografi, Dasar Foto Jurnalistik, Teori EDFAT, Teknik Mencari Data dan Pembuatan Caption, serta Teknik Foto Portrait. “Peserta juga akan melakukan hunting dengan didampingi mentor di tiga titik yang telah ditentukan, yaitu Pelabuhan Paotere, Pasar Pa’ Baeng-Baeng, dan Pasar Terong. Setelah hunting, hasil foto peserta akan dievaluasi,” lanjut Yusuf.

Mulyono, peserta dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menilai kegiatan ini bermanfaat bagi aparatur Pemkot Makassar dalam meningkatkan kapasitas keilmuan di bidang fotografi, “Kegiatan ini sangat membantu, apalagi bagi kita yang pekerjaannya berhubungan dengan fotografi. Workshop ini juga bisa menjadi ajang diskusi dan sharing pengalaman bersama Pemateri, dan peserta lainnya,” ungkap Mulyono.

Workshop Fotografi yang dihelat Bagian Humas Pemkot Makassar menghadirkan Yusuf Ahmad (Foto Jurnalis), dan Mosista Pambudi (Kepala Sekolah Galeri Foto Jurnalistik Antara Jakarta) sebagai Pemateri. (rilis/aci)

loading...
Click to comment
To Top