Target Ekspor Dianggap Tidak Realistis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Target Ekspor Dianggap Tidak Realistis

FAJARONLINE, JAKARTA — “Gerakan Peningkatan Ekspor Tiga Kali Lipat”, dicanangkan Presiden Joko Widodo di Makassar, Senin, 3 Agustus lalu. Namun, ada yang tidak yakin.

PROGRAM itu dinilai tidak realistis jika melihat tren ekspor yang cenderung menurun dalam empat tahun terakhir. “Optimisme sah-sah saja. Saya juga sangat ingin perekonomian Indonesia maju dan ekspor terpacu sehingga nilai tukar rupiah tidak merosot terus menerus. Masalahnya, ini mengurus perekonomian negara, bukan obral janji seperti di masa kampanye lagi. Segala sesuatu harus akuntabel dan kredibel,” ujar pengamat ekonomi Universitas Indonesia (UI), Faisal Basri dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 4 Agustus.

Menurut dia, target harus berdasarkan proyeksi atau prediksi yang terukur. Target membawa konsekuensi pada program kerja dan instrumen kebijakan yang harus dipersiapkan serta termanifestasikan dalam pos anggaran di APBN.

“Target menaikkan nilai ekspor tiga kali lipat berarti ekspor dalam lima tahun (2015-2019) naik sebesar 200 persen. Jika tahun 2014 total ekspor USD176,3 miliar berarti pada 2019 ekspor harus naik menjadi USD528,9 miliar,” sebutnya. (jpnn/zul)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi 5 Agustus 2015

loading...
Click to comment
To Top