Waduh! Semester I 2015, 903 Kasus DB, 9 Nyawa Terenggut – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Waduh! Semester I 2015, 903 Kasus DB, 9 Nyawa Terenggut

CILACAP, RAJA – Demam berdarah mengganas di sejumlah wilayah Kabupaten Cilacap. Sembilan orang dilaporkan meninggal dunia.

Kepala Seksi Pengendalian, Pemberantasan Penyakit Wabah dan Bencana Dinkes Cilacap, Kuswantoro mengatakan hingga akhir Juli kemarin kasus DB sudah mencapai angka 903 kasus. Sembilan di antaranya meninggal dunia. “Semester pertama tahun 2015 kasus sangat banyak. Namun di bulan Juli ada tren menurun. Tapi kami khawatir akan kembali naik pada musim penghujan mendatang,” ujarnya, Selasa (4/8).

Dibanding jumlah kasus DBD 2014, wabah DBD yang terjadi pada semester pertama 2015 ini sudah naik dua kali lipat. Pada 2014, total DBD di Cilacap adalah 444 kasus. Delapan diantaranya meninggal.

Kasus terbanyak terjadi di wilayah Cilacap kota, meliputi Kecamatan Cilacap Selatan, Tengah dan Utara. 60 persen serangan terjadi di wilayah tersebut. Selebihnya tersebar di sejumlah kecamatan lain. “Serangan di perkotaan lebih banyak,” jelasnya.

Dinkes Cilacap, kata Kuswantoro, memutuskan untuk tetap melakukan fogging di sejumlah wilayah untuk memutus mata rantai persebaran peyakit kendati saat ini bukan musim penghujan. “Kami menggalakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) berbasis kawasan di 12 kecamatan endemik DBD, lewat dasawisma (PKK),” tukasnya.

PSN yang dilakukan terus menerus ini akan mengurangi populasi pada musim penghujan. Dinkes Cilacap juga melakukan pengasapan (fogging) di sejumlah kecamatan untuk memutus mata rantai penularan. (RM)

To Top