Waspada…!! Tak Hanya Ekonomi Jeblok, Indonesia juga Hadapi Kemarau Panjang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Waspada…!! Tak Hanya Ekonomi Jeblok, Indonesia juga Hadapi Kemarau Panjang

JAKARTA-Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kian merosot dari waktu ke waktu, membuat banyak pihak khawatir. Bahwa Indonesia akan mengalami krisis keuangan sebagaimana tahun 1998.

Ternyata bahaya tidak hanya datang dari ekonomi yang kian jeblok, tapi juga kondisi iklim Indonesia yang diperhadapkan dengan kemarau panjang di sejumlah daerah. Terutama wilayah Jawa. Jika Jawa kering, maka sawa akan kering, sedangkan pasokan beras terbesar ke seluruh Indonesia berasal dari Pulau Jawa.

Menanggapi kemarau panjang yang memicu kekeringan di sejumlah daerah saat ini, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ferry Mursyidan Baldan mengeluarkan surat instruksi menteri.

Instruksi tersebut berisi tentang tentang Penyediaan Sumber Air di Atas Tanah Negara, Tanah Hak Guna Usaha (HGU) atau Hak Guna Bangunan (HGB).

“Instruksi ini dikeluarkan untuk membantu masyarakat pada musim kemarau panjang ini, perlu adanya sumber-sumber air bersih. Baik untuk keperluan rumah tangga maupun untuk kebutuhan masyarakat lainnya,” terang Ferry saat ditemui di Jakarta, Rabu (5/8).

Dalam Inmen bernomor 5/Ins/VIII/2015 tersebut Ferry menugaskan kepada seluruh Kepala Kantor Wilayah BPN dan Kepala Kantor Pertanahan di seluruh Indonesia untuk melakukan identifikasi dengan menginventarisasi tanah negara.

Jika di dalam tanah Hak Guna Usaha (HGU) atau Hak Guna Bangunan (HGB) yang dikelola/digunakan oleh badan hukum, untuk dapat dijadikan sumber air yang akan digunakan untuk mengatasi masalah kelangkaan air pada musim kemarau.

Ferry pun meminta jajarannya melakukan koordinasi dengan pihak terkait khususnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau dinas di bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau dinas di bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Termasuk pemegang Hak Guna Usaha dan Hak Guna Bangunan atau yang menguasai tanah negara, untuk menyiapkan tanah atau lahan dan melakukan pengeboran sebagai sumber air bagi masyarakat sekitar pada musim kemarau,” paparnya.

Dalam situs Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), kemarin, diungkapkan Indonesia perlu waspada potensi kekeringan di berbagai wilayah. Sebab, cuaca panas akan terus menerjang Tanah Air hingga November 2015.

Penyebab panjangnya musim panas tersebut diakibatkan oleh El Nino berskala moderat hingga kuat dengan indeks berkisar 1,59 hingga 2,5 masih akan terjadi dengan peluang di atas 95 persen. [mel]

loading...
Click to comment
To Top