Bawaslu : KPU Harus Hati – Hati Soal Pendanaan Kampanye – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Bawaslu : KPU Harus Hati – Hati Soal Pendanaan Kampanye

FAJARONLINE, MAKASSAR — Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) dan jajarannya ke bawah bakal memiliki tanggung jawab lebih besar dibanding pemilu sebelumnya. Pendanaan negara untuk membiayai kampanye calon menjadi alasan.

Mau tidak mau, Bawaslu dan jajarannya sebagai lembaga pengawas harus melakukan pengawasan terhadap pengalokasian anggaran ini. Bahkan, Bawaslu tengah menggodok aturan untuk mengawasi penyaluran anggaran kampanye yang dibiayai KPU melalui APBN ini.

Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi mengaku, pengawasan akan segera dilakukan begitu data dari KPU sudah diserahkan ke Bawaslu atau Panwaslu di daerah.

Misalnya, anggaran untuk mencetak baliho calon harus terlebih dahulu besaranya anggarannya sebelum dicetak.

“KPU harus hati-hati soal pendanaan kampanye. Kita keluarkan peraturan Bawaslu mengenai hal itu. Jadi, Panitia Pengawas Lapangan (PPL) ke depan bukan hanya memantau gerakan para calon, tapi juga mengawasi penyaluran dana kampanye dari KPU,” kata Laode.

Untuk baliho misalnya, Bawaslu menyebut akan melakukan pemantauan mulai dari bahan, hingga harga baliho. Data itulah yang akan disinkronkan dengan estimasi anggaran awal yang diperlihatkan KPU sebelum pilkada.
Bukan hanya itu, Bawaslu juga akan mengaudit pencairan angaran kampanye agar tidak terjadi perbedaan. “Ini sengaja dilakukan untuk menciptakan pemilihan yang bersih. Jadi PPL akan dibekali materi tersendiri untuk mengetahui anggaran tersebut di peruntukkan untuk apa saja,” katanya. (taq)

loading...
Click to comment
To Top